facebook

Saksikan Penandatanganan MoU Penempatan Kerja Indonesia ke Jepang, Berikut Harapan Wamenaker

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara AOTS Japan dan Binawan Group tentang Penempatan Tenaga Kerja Indonesia ke Jepang. (Dok: Kemnaker)
Penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara AOTS Japan dan Binawan Group tentang Penempatan Tenaga Kerja Indonesia ke Jepang. (Dok: Kemnaker)

Perluasan kesempatan kerja bagi pekerja dengan skill dan kompetensi di sektor formal sangatlah penting.

Suara.com - Wakil Menteri (Wamenaker), Afriansyah Noor menyaksikan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara AOTS Japan dan Binawan Group tentang Penempatan Tenaga Kerja Indonesia ke Jepang. MoU dilaksanakan di Binawan University Main Hall Jakarta pada Rabu, (29/6/2022).

Afriansyah Noor berharap, ke depan lebih banyak lagi bentuk kerja sama seperti yang dilakukan hari ini. Sebab, kerja sama ini dapat membantu peningkatan kompetensi dan penempatan pekerja Indonesia di lapangan kerja yang berkualitas di luar negeri.

"Kerja sama ini juga menjadi pembuktian bahwa SDM Indonesia juga kompeten, berkualitas, dan dapat bersaing dalam mengisi lapangan kerja yang membutuhkan skill dan kompetensi tinggi di luar negeri," tutur Afriansyah Noor.

Pada kesempatan tersebut, dia juga menyatakan dukungannya atas kerja sama antara AOTS Japan dan Binawan Group. Sebab dengan kerja sama tersebut dapat mendukung penyiapan tenaga kerja Indonesia agar memiliki kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja dan berdaya saing di tingkat internasional.

Baca Juga: Family Sunday Movie Serap 18.720 Tenaga Kerja Kreatif

"Kami juga yakin kerja sama antara AOTS Japan dan Binawan Group ini akan memperluas peluang kerja luar negeri bagi tenaga kerja Indonesia di Jepang, khususnya bagi yang memiliki skill dan kompetensi khusus," ucapnya.

Ia menegaskan, perluasan kesempatan kerja bagi pekerja dengan skill dan kompetensi di sektor formal sangatlah penting dan positif karena bisa memberikan devisa dan kesejahteraan yang lebih baik kepada pekerja dan juga bagi bangsa Indonesia.

Lebih lanjut ia mengatakan, kerja sama yang dibentuk AOTS Japan dan Binawan Group juga merupakan dukungan konkret kepada 9 Lompatan Menteri Ketenagakerjaan, khususnya dalam link and match ketenagakerjaan dan perluasan pasar kerja luar negeri.

Oleh karena itu, ia menyampaikan terima kasih kepada para stakeholder yang telah mendukung program dan implementasi kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah Indonesia, khususnya Kemnaker.

Baca Juga: Kemnaker Hibahkan Alat Ergonomi ke 18 Balai K3 untuk Perkuat Pengujian