Gus Menteri Dorong BUMDes Terlibat dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Ada penyaluran modal oleh Himbara sebanyak Rp4,2 triliun.

Rabu, 01 September 2021 | 12:43 WIB
Gus Menteri Dorong BUMDes Terlibat dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia
Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar. (Restu Fadilah/Suara.com)

Suara.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk terlibat dalam Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Pria yang akrab disapa Gus Menteri itu mengatakan, bahwa negara kita memiliki karya-karya hebat dan produk-produk yang berkualitas. Pandemi sejatinya tidak menghalangi para pelaku industri kreatif untuk berkreasi.

"Keterbatasan ini harusnya mendorong kita untuk tetap berinovasi mendorong kita tetap semangat dan bertransformasi dan menciptakan berbagai peluang yang ada," ucap Gus Menteri dalam Soft Launching Gernas BBI secara virtual pada Sabtu, (1/9/2021).

Menurut Gus Menteri, BUMDes dan BUMDes bersama dapat mengikuti sejumlah pelatihan yang dapat diakses di situs bangga buatan indonesia. Saat ini ada 86 konten pelatihan di situs bangga buatan indonesia yang dapat diakses oleh pelaku UMKM, pengelola BUMDes dan BUMDes bersama.

Pelatihan diharapkan bisa bermanfaat untuk perkembangan bisnis bagi pelaku usaha di antaranya pelatihan terkait mempersiapkan usaha mikro kecil (UMK) dan BUMDes untuk Go Online hingga live bazar sebagai upaya meningkatkan penjualan para pelaku industri kreatif.

"Dengan begitu, diharapkan dapat membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional akibat dampak pandemi Covid-19," ucap Gus Menteri.

Selain itu, ada juga penyaluran modal melalui program digital kreatif UMKM oleh Himpunan Bank Negara (Himbara) sebanyak Rp4,2 triliun.

"Dan tentu ini akan bisa diakses oleh BUMDes pun BUMDes bersama ketika badan hukumnya sudah disahkan oleh Kemenkumham," pungkasnya.

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BISNIS

TERKINI