CEK FAKTA: Resmi! Prabowo dan Ganjar Jadi Capres-Cawapres Pemilu 2024

Kabar itu diunggah akun Facebook dengan nama pengguna Kunci Cerdas.

Mode
Jum'at, 24 Maret 2023 | 20:30 WIB
CEK FAKTA: Resmi! Prabowo dan Ganjar Jadi Capres-Cawapres Pemilu 2024
CEK FAKTA, Resmi Prabowo dan Ganjari Jadi Capres-Cawapres Pemilu 2024. [Istimewa]

Beredar konten yang dimanipulasi soal kabar bahwa Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo resmi menjadi pasangan untuk Pemilu 2024 nanti.

Di mana kabarnya, Prabowo menjadi calon presiden (Capres) kemudian Ganjar menjadi calon wakil presiden (Cawapres).

Setelah ditelusuri, informasi itu menyesatkan. Faktanya, setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan.

Bahkan, isi video adalah potongan dari beberapa video berkaitan peristiwa yang tak ada hubungannya dengan narasi.

Untuk diketahui, narasi yang dituliskan adalah "Duet Prab0wo dan Ganj4r Bikin Gemp4r ! Jutaan Kader Ger1ndra Sepakati Semua Ini".

Kabar itu diunggah akun Facebook dengan nama pengguna “Kunci Cerdas”. Video yang diunggah dengan narasi resmi duet Prabowo dan Ganjar jadi Capres – Cawapres 2024 nanti.

Setelah melakukan penelusuran thumbnail video lebih lanjut lagi, ternyata hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Dalam video diunggah akun Facebook itu, narator hanya membahas mengenai sikap Partai Gerindra yang terbuka jika Prabowo dipasangkan dengan Ganjar.

Di samping itu, partai yang menaungi Ganjar ialah PDI-P belum memutuskan calon yang akan diusung, meski nama Ganjar kerap mencuat.

Dengan demikian, klaim tentang narasi resmi duet Prabowo dan Ganjar jadi Capres – Cawapres 2024 nanti adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Politainment

Terkini