Miliki Hubungan Dekat Dengan Erick Thohir, PAN Ingin Pasangkan Dengan Ganjar

"Yang jelas, PAN terus mendorong Erick sebagai cawapres," ujar Drajat.

ARR Vaujie M
Sabtu, 03 Juni 2023 | 07:38 WIB
Miliki Hubungan Dekat Dengan Erick Thohir, PAN Ingin Pasangkan Dengan Ganjar
Erick Thohir - PSSI (dok. PSSI)

TANTRUM - Aspirasi terkuat dari internal PAN diklaim adalah mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai pasangan capres dan cawapres di Pilpres 2024.

"Soal Mas Ganjar, di PAN, aspirasi terkuat memang Ganjar-Erick," kata Ketua Dewan Pakar DPP PAN Drajad Wibowo. 

PAN, kata ia, tidak terburu-buru mengumumkan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan mereka usung dalam Pilpres 2024, mengingat peta politik di Indonesia masih sangat dinamis. Akan tetapi, Drajad memastikan PAN akan terus mendorong Erick Thohir untuk menjadi cawapres di Pilpres 2024.

"Yang jelas, PAN terus mendorong Erick sebagai cawapres," ujarnya.

PAN, tegas ia, memiliki hubungan dekat dengan Erick Thohir. PAN pun menilai Ketua Umum PSSI itu secara elektabilitas dan kapabilitas layak untuk menjadi cawapres di Pilpres 2024.

Berdasarkan hasil survei dari lembaga survei IndoStrategi periode 1—10 Mei 2023, ditemukan bahwa elektabilitas Erick Thohir berada di peringkat teratas dalam bursa cawapres dengan perolehan sebesar 17,4 persen.

Lalu ketika dipasangkan dengan Ganjar Pranowo, pasangan tersebut memiliki elektabilitas yang mampu mengalahkan pasangan lain. Survei IndoStrategi merekam simulasi duet Ganjar-Erick mengungguli pasangan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Ganjar-Erick berhasil meraih elektabilitas sebesar 43 persen, sedangkan Prabowo-Khofifah 12,8 persen.

Survei IndoStrategi tersebut melibatkan 1.230 responden di seluruh Indonesia. Mereka merupakan WNI berusia 17 tahun ke atas atau yang telah memiliki kartu tanda penduduk (KTP). Data dari survei itu memiliki ambang batas kesalahan sebesar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Terkini