Popularitas Prabowo Subianto Unggul di Kalangan Pemilih Kritis

Sedangkan Anies Baswedan 91 persen dan disusul Ganjar Pranowo 89 persen.

Abe Chan
Senin, 05 Juni 2023 | 17:14 WIB
Popularitas Prabowo Subianto Unggul di Kalangan Pemilih Kritis
Ketua Umum DPP Partai Geindra Prabowo Subianto. (Suara.com/Novian)

Suara Sumatera - Dari sisi kuantitas, tingkat popularitas Prabowo Subianto di kalangan pemilih kritis berapa di posisi pertama sebesar 97 persen. 

Sedangkan Anies Baswedan 91 persen dan disusul Ganjar Pranowo 89 persen. Hal ini berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

"Dari sisi kuantitas, popularitas Prabowo tertinggi, disusul Anies dan Ganjar," kata Direktur Riset SMRC, Deni Irvani dalam keterangan tertulis, Senin (5/6/2023). 

Dari sisi kualitas popularitas, kata Irvani, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lebih unggul dari keduanya.

"Di antara yang tahu, yang suka kepada Ganjar 82 persen, sementara yang suka Prabowo 80 persen, dan Anies 68 persen," ujarnya. 

Sementara itu, kedisukaan Ganjar dan Prabowo dalam enam bulan terakhir relatif stabil, dibandingkan Anies yang turun signifikan.  

Yang dimaksud pemilih kritis adalah pemilih yang punya akses ke sumber-sumber informasi sosial- politik secara lebih baik. Hal ini karena mereka memiliki telepon atau cellphone sehingga bisa mengakses internet untuk mengetahui dan bersikap terhadap berita-berita sosial-politik. 

Mereka umumnya adalah pemilih  kelas menengah bawah ke kelas atas, lebih berpendidikan, dan cenderung tinggal di perkotaan. 

Mereka juga cenderung lebih bisa memengaruhi opini kelompok pemilih di bawahnya. Total pemilih kritis ini secara nasional diperkirakan 80 persen.

Survei dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) dengan melibatkan 909 responden. Survei dilakukan pada 30-31 Mei 2023 lewat wawancara telepon.

Margin of error survei diperkirakan ±3.3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling. 

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Politainment

Terkini