Pamor Anies Baswedan Merosot, PKS dan Demokrat Segera Deklarasi Cawapres

PKS dan Partai Demokrat segera deklarasi cawapres alias calon wakin presiden, seiring elektabilitas alias pamor Anies Baswedan kian merosot, kata Ketua DPP PKS Muzzammil Yusuf kepada wartawan, Senin (5/6/2023).

Kariadil Harefa
Senin, 05 Juni 2023 | 17:53 WIB
Pamor Anies Baswedan Merosot, PKS dan Demokrat Segera Deklarasi Cawapres
Ketua DPP PKS Al Muzzammil Yusuf. [Akun twitter @PKSejahtera] (Akun twitter @PKSejahtera)

Serang Suara - PKS dan Partai Demokrat segera deklarasi cawapres alias calon wakin presiden, seiring elektabilitas alias pamor Anies Baswedan kian merosot, kata Ketua DPP PKS Muzzammil Yusuf kepada wartawan, Senin (5/6/2023).

Ketua DPP PKS Muzzammil Yusuf mengatakan, pada bulan ini Partai Keadilan Sejahtera dan Demokrat segera deklarasi pendamping Anies Baswedan.

Kendati demikian deklarasi cawapres akan akan segera dibicarakan tim 8 dengan capres Anies Baswedan bersama pimpinan tertinggi tiga parpol koalisi.

Bahkan Sekretaris Jenderal PKS Aboebakar Al Habsyi tidak mempersoalkan Partai Demokrat desak deklarasi pasangan capres dan cawapres.

"Setuju, setuju, setuju. Ini bertiga ini kompaknya asyik, rileks, dan banyak hal mudah nggak ada perdebatan yang sulit cuma tinggal dialusin sedikit selesai," kata Aboe.

Aboe mengaku kalau cawapres buat Anies cocok datang dari internal Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), namun apabila mendekati hari deklarasi ada tokoh eksternal yang lebih meyakinkan, tentu pilihan bisa berubah.

"Sudah, sudah mengerucut," jawabnya terkait kandidat cawapres untuk Anies.

Partai Demokrat Evaluasi Anies

Ketua Bappilu DPP Partai Demokrat, Andi Arief, mengatakan proses penentuan calon wakil presiden untuk Anies Baswedan dalam Koalisi Perubahan sudah mencapai 80 persen. (Suara.com/Bagaskara)
Ketua Bappilu DPP Partai Demokrat, Andi Arief, mengatakan proses penentuan calon wakil presiden untuk Anies Baswedan dalam Koalisi Perubahan sudah mencapai 80 persen. (Suara.com/Bagaskara) (sumber:)

Ketua Bappilu Demokrat, Andi Arief sebelumnya mengungkapkan, bahwa Partai Demokrat berencana melakukan evaluasi jika Anies Baswedan tidak melakukan deklarasi calon wakil presiden (cawapres) hingga bulan Juni. 

Menurut Partai Demokrat, deklarasi pasangan calon presiden dan cawapres sangat penting. Masih kata Andi, elektabilitas Anies telah mengalami penurunan dalam hasil survei.

Hal ini diyakini disebabkan oleh keterlambatan dalam proses deklarasi cawapres. Oleh karena itu, Partai Demokrat berencana mengusulkan kepada Anies agar segera melakukan deklarasi cawapres pada bulan Juni ini, agar jarak elektabilitasnya tidak semakin membesar.

Andi menyatakan bahwa akan menjadi masalah jika perbedaan elektabilitas Anies dengan calon presiden lain semakin besar. 

Ia berharap bahwa deklarasi cawapres dapat meningkatkan elektabilitas Anies ke depannya. Deklarasi pasangan capres dan cawapres, Partai Demokrat berharap rakyat, basis pemilih, partai, dan mereka yang ingin perubahan dapat yakin dan mulai bergerak untuk mendukung Anies serta meningkatkan kembali elektabilitasnya.

Ingat bahwa situasi politik dan perkembangan lebih lanjut dapat mempengaruhi rencana dan keputusan Partai Demokrat di masa depan. [*]

Kontributor: Putra Tanhar

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Nasional

Terkini