Setelah Diresmikan Presiden, Bandara Wiriadinata Siap Tambah Rute

Bandara merupakan pintu gerbang bagi daerah.

Kamis, 28 Februari 2019 | 11:13 WIB
Setelah Diresmikan Presiden, Bandara Wiriadinata Siap Tambah Rute
Bandar Udara Wiriadinata, Tasikmalaya, Jawa Barat. (Dok: Kemenhub)

Suara.com - Bandar Udara Wiriadinata, Tasikmalaya, Jawa Barat dinyatakan siap melayani penambahan penerbangan pasca diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo, di Tasikmalaya, Rabu (27/2/2018). Presiden meresmikan pengembangan bandara, dengan menandatangani prasasti di terminal baru bandara.

Acara ini disaksikan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, Dirjen Perhubungan Udara (Hubud),  Polana B. Pramesti, Gubernur Jawa Barat, Ridwal Kamil, anggota komisi V DPR RI, Nurhayati, Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman dan undangan lainnya.

Bandar Udara Wiriadinata, Tasikmalaya, Jawa Barat dinyatakan siap melayani penambahan penerbangan pasca diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo, di Tasikmalaya, Rabu (27/2/2018). (Dok: Kemenhub)
Bandar Udara Wiriadinata, Tasikmalaya, Jawa Barat dinyatakan siap melayani penambahan penerbangan pasca diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo, di Tasikmalaya, Rabu (27/2/2018). (Dok: Kemenhub)

Maskapai yang sudah konfirmasi akan melakukan penerbangan dari dan ke bandara ini dalam waktu dekat adalah Garuda Indonesia. Maskapai ini akan membuka penerbangan Tasikmalaya-Bandung-Jakarta (Halim Perdana Kusuma), berselang-seling dengan rute Tasikmalaya-Jakarta (Halim Perdana Kusuma).

Tak cuma Garuda Indonesia, Citilink juga sudah melakukan penjajagan untuk hadir di Bandara Wiriadinata.

"Tasikmalaya merupakan suatu kota yang mempunyai banyak potensi, termasuk kerajinan bordir yang sudah mendunia. Presiden berpesan, Bandara Wiriadinata harus dikembangkan karena daerahnya potensial. Konektivitas pada daerah-daerah yang potensial adalah suatu keharusan, " ujar Budi Karya.

Sementara itu, Dirjen Hubud juga menyatakan, bandara sudah siap melayani penerbangan tambahan dari maskapai penerbangan.

"Kami sudah melakukan pengembangan, baik dari sisi udara maupun darat, sehingga keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pelayanan di bandara ini meningkat. Dari sisi udara, dilakukan perpanjangan runway menjadi 1600 m, sehingga pesawat ATR 72 bisa beroperasi penuh di sini. Untuk keamanan dan pelayanan, kami sudah membuat gedung terminal baru berukuran 1.100 m² yang bisa menampung pergerakan 150 penumpang per hari," ujar Polana.

Menurutnya, Ditjen Hubud masih akan melakukan pengembangan tahun ini. Pengembangan dilakukan dengan menambah dan memperbarui peralatan di terminal, memperbarui pagar bandara, dan lainnya.

Upaya pengembangan bandara ini bertujuan untuk mengakomodasi antusiasme masyarakat yang menggunakan jasa transportasi udara di Tasikmalaya dan daerah sekitarnya.

"Bandara merupakan pintu gerbang bagi daerah, sehingga ekonomi di daerah tersebut bisa berkembang. Begitu pula di Tasikmalaya. Bandara Wiriadinata ini sangat diperlukan, mengingat jarak tempuh dari Jakarta sekitar 7 jam dan dari Bandung sekitar 3-4 jam jalan darat," ujarnya lagi.

suara hati ramadan 1445 H
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI