Bandara Wiriadinata Kini Bisa Tampung Pesawat Besar

Bandara ini diharapkan dapat menambah rute penerbangan baru.

Jum'at, 01 Maret 2019 | 11:10 WIB
Bandara Wiriadinata Kini Bisa Tampung Pesawat Besar
Bandara Wiriadinata, di Tasikmalaya, Jawa Barat. (Dok: Kemenhub)

Suara.com - Bandar Udara (Bandara) Wiriadinata, di Tasikmalaya, Jawa Barat, terus mengalami pengembangan dan peningkatan. Sebelumnya, bandara ini memiliki landas pacu atau runway sepanjang 1.200 m, dan kini diperpanjang menjadi 1.600 m.

Selain itu, terjadi pengembangan juga pada jalan penghubung atau taxiway seluas 75 m x 23 m dan tempat parkir pesawat atau apron seluas 100 m x 80 m.

Dengan berkembangnya fasilitas di sisi udara, bandara ini dapat menampung banyak jenis pesawat berbadan besar. Hal ini berdampak pada peningkatan jumlah penumpang.

Saat ini, Bandara Wiriadinata melayani rute penerbangan Tasikmalaya-Halim Perdana Kusuma, Jakarta, dengan pesawat berjenis ATR-72. Pada waktu-waktu mendatang, bandara ini diharapkan dapat menambah rute penerbangan baru.

Peningkatan juga terjadi di sisi darat, yaitu dengan dibangunnya gedung terminal dan operasional yang luasnya 1.100 m2. Selain itu juga dibangun PKP-PK seluas 99 m2, lengkap dengan 2 mobil pemadam kebakaran.

Bandar udara yang berjarak ±6 km dari pusat Kota Tasikmalaya ini dapat ditempuh dengan waktu ±15 menit. Sekitar 70 persen pusat bisnis, perdagangan, jasa, dan industri di Priangan Timur dan Selatan berada di Kota Tasikmalaya.

Bandara Wiriadinata adalah fasilitas penting dalam memicu investasi di sektor industri dan pariwisata, sehingga efek berantai di sektor pendukungnya juga otomatis meningkat.

Mari terus dukung kinerja Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dalam upaya meningkatkan pelayanan publik. Tetap budayakan tertib, agar penerbanganmu selalu aman.

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI