facebook

Sistem Informasi Manajemen (SIM) Jadi Kunci Sukses Program Pamsimas

Fabiola Febrinastri
Penggunaan teknologi menjadi salah satu kunci suksesnya Program Pamsimas. (Dok: PUPR)
Penggunaan teknologi menjadi salah satu kunci suksesnya Program Pamsimas. (Dok: PUPR)

Sistem informasi Program Pamsimas berpusat pada laman pamsimas.org.

Suara.com - Untuk mewujudkan sarana air minum dan sanitasi yang layak bagi masyarakat Indonesia, jutaan orang telah terlibat dalam Program Pamsimas.

Menyamakan persepsi dan langkah mereka dalam satu program yang memiliki konsep dan tujuan yang satu, bukanlah perkara yang mudah. Tidak mudah pula menarik keterlibatan para stakeholders dari berbagai kalangan yang berbeda latar belakang.

Manusia merupakan aspek terpenting dalam Program Pamsimas. Namun teknologi informasilah yang membuat mereka semua relatif mudah dalam bekerja sama untuk mewujudkan satu tujuan.

Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah salah satu kunci sukses Program Pamsimas. Sistem itu menawarkan keterbukaan informasi (transparansi) dan pertanggungjawaban (akuntabilitas), dua faktor penting dalam menumbuhkan kepercayaan dan kemudahan dalam kolaborasi.

Baca Juga: Pamsimas Lahir dari 9 Prinsip yang Berpihak pada Masyarakat

Sistem informasi Program Pamsimas berpusat pada laman pamsimas.org. Di sini, berbagai informasi tentang program itu bisa diakses kapan saja dan dari mana saja.

Misalnya berita-berita yang terus diperbaharui secara berkala menyangkut kegiatan Pamsimas di berbagai daerah di Indonesia. Ini membuat adanya semacam sense of progress, kemajuan yang terus-menerus dan membangkitkan optimisme bersama di kalangan pelaku.

Dalam laman tersebut ada pula publikasi menyangkut peraturan, pedoman, petunjuk teknis, prosedur standar baku (SOP), serta materi-materi sosialisasi program yang bisa diakses dan diunduh siapapun.

Namun salah satu aspek terpenting sitem informasi ini adalah menyediakan data dan aplikasi yang memudahkan pemantauan program dari berbagai daerah secara real-time. Sistem Informasi Manajemen (SIM) Pamsimas, utamanya dirancang untuk memantau dan mengevaluasi capaian pelaksanaan dari Program Pamsimas di lapangan melalui mekanisme pengelolaan data dan informasi yang terpadu, terbuka dan dapat diakses oleh siapapun di manapun.

Keluaran data dan informasi yang dihasilkan akan dimanfaatkan dalam kegiatan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Pamsimas.

Baca Juga: Pamsimas Jawab Tantangan Perubahan Iklim dan Kelangkaan Air

Sumber Data Resmi hanya SIM Pamsimas
SIM Pamsimas adalah satu-satunya sumber data resmi Program Pamsimas. Semua data yang bersumber dari SIM Pamsimas dianggap 100% benar, sampai ada pembuktian terbalik dan dikoreksi oleh pengelola SIM, sehingga menjadi sangat penting untuk selalu mencantumkan sumber data dan referensi tanggal pengunduhan data SIM.

Dalam segmen “Executive Information System”, informasi disajikan untuk menunjukkan capaian kemajuan Pamsimas khusus bagi para eksekutif atau pemegang keputusan dan pihak-pihak terkait. Ketersediaan informasi ini diharapkan dapat membantu pengidentifikasian masalah, pencarian solusi, dan menjadi dasar dalam proses perencanaan yang sifatnya strategis bagi Program Pamsimas ke depan.

Para pelaku lapangan mendapat aplikasi untuk memperbaharui data-data Pamsimas. Data kemajuan Program Pamsimas kemudian disajikan dalam bentuk laporan dari setiap lokasi, bermula dari proposal tiap desa hingga pelaporan mutakhir, termasuk laporan keuangan, serta proyek-proyek pengadaan air minum mana saja yang berfungsi atau tak berfungsi.

Data-data distrukturkan sesuai dengan indikator- indikator kualitas (key performance indicator). Yang tidak kalah menarik, sistem ini juga menyajikan dokumen-dokumen kontrak para pihak dalam penyelenggaraan program. Semua bisa diakses secara terbuka.

Dokumen-dokumen kontrak tersebut berisikan hak dan kewajiban untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu secara tertulis yang diatur dalam pasal-pasal dan mempunyai kekuatan hukum. Ada puluhan kontrak semacam itu.

Bagi para pelaku lapangan yang membutuhkan bantuan teknis tersedia aplikasi Immediate Response Service (IRS). Di situ, mereka bisa mencari topik yang dianggap paling sesuai dengan permasalahan yang dihadapi dan memperoleh jawaban standar.

Bila topik tidak ditemukan, pelaku bisa menggunakan aplikasi Pamsimas Mobile untuk menyampaikan permasalahan dan mengajukan permohonan bantuan teknis secara tertulis, tim pengelola IRS akan mengupayakan untuk merespons secepatnya.

Laman Pamsimas juga menyediakan layanan informasi dan pengaduan. Ini adalah media yang disediakan untuk menampung dan memfasilitasi penanganan informasi, pertanyaan, saran, kritik atau pengaduan berupa permasalahan yang terjadi terkait pelaksanaan Program Pamsimas pada semua tingkatan.

Keberadaan layanan informasi dan pengaduan merupakan bagian dari upaya untuk mendorong keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan program secara langsung. Salah satu indikator partisipasi masyarakat dalam pengawasan adalah adanya pertanyaan, saran, kritik, dan pengaduan dari masyarakat yang dikelola secara memadai. Sebaliknya masyarakat juga bisa meminta informasi melalui website, SMS, atau datang langsung ke pelaku Program Pamsimas.

Penanganan layanan informasi dan pengaduan dikelola oleh UPM (Unit Pengaduan Masyarakat) di tingkat kabupaten dan provinsi serta pusat. Sekalipun demikian, tidak metutup kemungkinan pengaduan yang berkaitan dengan isu-isu implementasi penyediaan air minum dan sanitasi kepada masyarakat secara umum.

Untuk kasus seperti ini, sistem penanganan layanan informasi dan pengaduan akan menyalurkan informasi tersebut kepada pihak yang terkait.

Qurrotu' Ainy, ST, M.Eng.
PPK Pembinaan Manajemen II
Satker Direktorat Air Minum
Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat