Survei Median: Jokowi Unggul Tipis Atas Prabowo

"Jadi PR Jokowi adalah suaranya harusnya bisa lebih baik dari ini. Dan ini adalah evaluasi Prabowo juga,"

Selasa, 27 November 2018 | 15:54 WIB
Survei Median: Jokowi Unggul Tipis Atas Prabowo
Survei Median menyatakan Jokowi unggul tipis atas Prabowo. (Suara.com/Walda Marison)

Suara.com - Lembaga merilis hasil survei terkait dukungan terhadap dua pasangan capres-cawapres jelang Pilpres 2019. Survei Median menyatakan, pasangan Joko Widodo atau Jokowi-Maruf Amin ungul dari sang penantang Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Survei tersebut dilakukan denga populasi seluruh rakyat Indonesia dengan Sampel 1.200 responden.

"Jokowi unggul sementara, tapi di bawah 50 persen. Prabowo tertinggal tapi tidak terlalu jauh. Jokowi-Ma'ruf sebesar 47,7% dan Parabowo Sand 35,5%," ujar Rico dalam sebuah diskusi di Restoran Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (27/11/2018).

Dalam hasil survei ini, pihaknya juga menghitung jumlah orang yang tidak memilih. Sebanyak 16,8 persen dari 1.200 responden tercatat tidak menggunakan hak pilihnya.

Survei ini meliputi pendapat masyarakat atas pemerintahan Jokowi terkait ekonomi, lapangan pekerjaan, harga sembako, hutang negara, BBM dan sebagainya.

Sedangkan untuk kubu Prabowo meliputi komunikasi politik yang digunakan Prabowo-Sandiaga serta citra yang dibangun.

Menurut Rico, walaupun Jokowi masih memenangi hati masyarakat, nyatanya perolehan suara Jokowi tidak bisa menembus angka 50 persen. Ini menunjukkan harus ada evaluasi dari timses masing masing calon dalam pola kampanye ke depan.

"Jadi PR Jokowi adalah suaranya harusnya bisa lebih baik dari ini. Dan ini adalah evaluasi Prabowo juga, ini sudah tiga kali dia ikut pilpres, jadi ini evaluasi dari belah pihak," imbuh Rico.

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI