Pantau Debat Pilpres, Belasan Media Periksa Fakta Klaim Paslon Malam Ini

Pengecekan fakta dari Debat Pilpres yang diikuti paslon capres-cawapres malam ini dilakukan belasan media secara langsung.

Kamis, 17 Januari 2019 | 18:25 WIB
Pantau Debat Pilpres, Belasan Media Periksa Fakta Klaim Paslon Malam Ini
Ilustrasi poster Debat Pilpres 2019 sesi pertama yang akan diikuti pasangan capres - cawapres. (Suara.com/Muhaimin)

Suara.com - Pasangan calon (paslon) capres-cawapres yang akan mengikuti Debat Pilpres perdana malam ini, Kamis (17/1/2019), tidak akan bisa main-main dengan pernyataan mereka. Selain disaksikan warga melalui siaran langsung televisi, setidaknya belasan media bakal memantau sekaligus memeriksa klaim-klaim para paslon.

Berada di bawah kolaborasi CekFakta, belasan media yang rata-rata tergabung dalam Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) itu akan melakukan periksa atau uji fakta secara mandiri, sembari tetap berkoordinasi. Pengecekan fakta sendiri dilakukan dengan cara masing-masing, namun rata-rata menggunakan metode standar verifikasi (berita) yang antara lain mengandalkan data resmi.

Selain Suara.com sendiri, sejumlah media itu antara lain adalah Tempo.co, Tirto.id, Liputan6.com, TheJakartaPost.com, Vivanews.co.id, serta Kompas.com. Berikutnya juga ada KabarMakassar.com, RiauOnline.co.id, Dream.co.id, Timesindonesia.co.id, Bisnis.com, hingga Detik.com.

Adapun hasil dari pengecekan fakta itu sendiri akan segera ditayangkan di website masing-masing media, sekaligus disebarluaskan melalui jejaring media sosial mereka, segera setelah diperiksa dan didapat kesimpulannya. Penyajiannya bisa berupa tulisan maupun ilustrasi gambar atau grafis yang menarik.

Patut digarisbawahi pula bahwa beberapa di antara media nasional ini sudah memegang sertifikasi IFCN (International Fact-Checking Network). Di dalamnya termasuk pula Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) yang terkenal aktif lewat laman Forum Anti Fitnah Hasut dan Hoax (FAFHH) yang mereka kelola di jejaring sosial Facebook.

Konten-konten Mafindo selama ini juga bisa disimak lewat situs TurnBackHoax.id. Sementara itu, hasil pengecekan atau periksa fakta yang dilakukan media-media yang berkolaborasi, termasuk dalam siaran langsung Debat Pilpres 2019 perdana malam ini, bisa ditemukan pula di website CekFakta.com.

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI