Sandiaga Minta Yel-yel Pendukung Saat Debat Capres Ditiadakan

"Gak usah pakai yel-yel. Itu sudah lewat lah. Kita sudah melewati fase hingar-bingar,"

Sabtu, 19 Januari 2019 | 14:49 WIB
Sandiaga Minta Yel-yel Pendukung Saat Debat Capres Ditiadakan
Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno. (Suara.com/Ria Rizki).

Suara.com - Debat capres sesi pertama menuai banyak kritikan dari sejumlah pihak. Ada yang memberi masukan dan meminta agar debat dievaluasi. Masukan juga datang dari Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno.

Sandiaga menyarankan agar KPU selaku penyelenggara debat capres meniadakan yel-yel di ruangan debat. Hal itu dikatakan Sandiaga saat menghadiri acara Indonesia Millenial Summit, di hotel Kempinski, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/1/2019).

"Gak usah pakai yel-yel. Itu sudah lewat lah. Kita sudah melewati fase hingar-bingar," ujar Sandiaga.

Ia tidak melarang para pendukung paslon untuk melalukan yel-yel. Namun hal itu seharusnya digemakan di luar ruang debat, agar tidak mengganggu konsentrasi masing-masing paslon.

"Biar yang yel-yel yang di luar. Kalau dalam kita fokus menyampaikan. Karena kita bicara dengan ratusan juta yang nonton, bukan sama yang ada di situ," ujar dia.

Sandiaga juga mengkritisi soal tempat duduk bagi para paslon saat debat. Tempat duduk, kata dia, menjadi salah satu yang cukup mengganjal. Pasalnya, kondisi Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto yang sudah berumur dan tidak cukup tenaga untuk beridiri lama.

"Karena debatnya panjang, harus dibuat lebih rileks. Kita berdiri terus sangat melelahkan. Apalagi usia pak Prabowo sudah mendekati 70 tahun, Jokowi juga. Akan lebih baik kalau jadi fleksibel cara menyampaikannya," pungkasnya.

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI