Malam-malam Menkominfo Rudiantara Datangi Kantor Bawaslu, Ada Apa?

Sebelumnya, Rudiantara sempat dilaporkan ke Bawaslu karena dugaan pelanggaran pemilu

Bangun Santoso Suara.Com
Selasa, 19 Februari 2019 | 07:44 WIB
Malam-malam Menkominfo Rudiantara Datangi Kantor Bawaslu, Ada Apa?
Menkominfo Rudiantara di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (11/2/2019). (Suara.com/Walda Marison)

Suara.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyambangi Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Senin (18/2/2019) malam. Kedatangannya disebut untuk mengklarifikasi laporan dugaan pelanggaran pemilu dalam acara Kominfo Next, yang dituduhkan kepadanya.

"Tadi koordinasi beberapa hal yang berkaitan dengan tindaklanjut MoU yang ditandatangani bertiga sama KPU dan Bawaslu waktu itu. Sekaligus juga diminta klarifikasi mengenai kejadian soal 'yang bayar gaji ibu siapa' itu aja," ujar Rudiantara seperti dilansir dari Antara.

Dalam proses klarifikasi, dia mengaku mendapat sekitar 30 pertanyaan oleh Bawaslu RI. Rudiantara menyatakan hanya menjawab apa adanya sesuai kejadian.

"Tadi ditanya (dalam acara Kominfo Next) ada atribut atau tidak, ada partai atau tidak, ada identitas capres atau tidak, ya nggak ada semuanya, memang bukan acara untuk kampanye," ujar Rudiantara.

Terkait pernyataannya dalam acara Kominfo Next yang dituding menguntungkan salah satu capres, Rudiantara mengatakan, Bawaslu nanti akan menentukan apakah dirinya melanggar atau tidak.

Yang jelas, kata dia, dalam bukti rekaman yang diputar, dalam acara itu dirinya sampai sembilan kali menekankan acara itu tidak ada kaitannya dengan Pilpres.

Secara terpisah, Ketua Bawaslu RI Abhan membenarkan pihaknya memanggil Rudiantara untuk mengklarifikasi tudingan pelanggaran pemilu.

Menurutnya klarifikasi itu adalah prosedur biasa dalam penanganan dugaan pelanggaran pemilu.

"Iya kita klarifikasi. Prosedurnya seperti itu," jelas Abhan.

Sebelumnya seseorang bernama Nurhayati dari kelompok Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) melaporkan Menkominfo Rudiantara atas dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan Rudiantara dalam acara Kominfo Next.

suara hati ramadan 1445 H
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI