Ayo Unduh Aplikasi Jakarta Aman

Fasilitas ini telah terintegrasi dengan nomor telepon layanan darurat 112.

Sabtu, 26 Oktober 2019 | 19:10 WIB
Ayo Unduh Aplikasi Jakarta Aman
Ilustrasi perlindungan terhadap perempuan dan anak. (Dok : Pemprov DKI)

Suara.com - Sebagai bagian dari upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menekan tingkat kekerasan terhadap perempuan dan anak di ibu kota, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan berbagai cara. Tercatat ada beberapa hal yang telah dilakukannya, mulai dari sosialisasi kepada masyarakat tentang pelaku kekerasan terhadap perempuan dan anak yang dapat diproses oleh hukum, korban mendapatkan perlindungan dan masyarakat memiliki kemampuan untuk membantu melakukan pencegahan; memberikan pelayanan secara gratis melalui Unit Pelaksana Teknis Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (UPT P2TP2A) Provinsi DKI Jakarta; hingga bekerja sama dengan Polda Metro Jaya memberikan pelayanan penanganan korban kekerasan yang terintegrasi dalam aplikasi Jakarta Aman.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, Pemprov DKI pun menyelenggarakan inovasi baru dalam menjaga keamanan warganya, dalam hal ini keamanan perempuan dan anak. Masyarakat luas kini bisa ikut menjaga keamanan perempuan dan anak melalui aplikasi Jakarta Aman, yang diluncurkan Pemprov DKI.

Peluncurannya sendiri telah dilakukan di awal tahun ini, dengan menggandeng PT Indonesia Lebih Aman. Aplikasi Jakarta Aman telah terintegrasi dengan nomor telepon layanan darurat 112.

"Jakarta harus menjadi kota yang aman bagi semua, sehingga perlu sistem yang menjamin keamanan warga yang dibangun sesuai abad 21. Untuk itu kita hadirkan aplikasi Jakarta Aman," ujar Anies, saat melakukan peluncuran aplikasi Jakarta Aman di Balai Kota DKI Jakarta.

"Kita perlu memperluas ini ke seluruh masyarakat. Bayangkan, bu kita, anak kita, saudara kita (jadi korban). Ini soal tanggung jawab kemanusian,” tambahnya.

Penyataannya ini disambut Founder Jakarta Aman, Muhammad Fardhan Khan. Ia menyatakan komitmennya untuk bersama Pemprov DKI Jakarta, meningkatkan fitur di dalam aplikasi karyanya. Ia berharap, fitur-fitur tersebut mampu membuat laporan warga dapat direspons dengan lebih cepat.

"Kami bersama Pemprov DKI berkomitmen untuk terus meningkatkan beragam fitur di aplikasi Jakarta Aman," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Anies kembali menggarisbawahi bahwa Jakarta Aman merupakan sebuah aplikasi keamanan antar masyarakat hasil sinergi dan kolaborasi antara Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan PT Indonesia Lebih Aman.

Aplikasi ini bisa di-download di Google Play Store. Pemprov DKI sendiri menyarankan seluruh jajaran pemerintah, seperti camat, lurah, hingga level atas menggunakan Jakarta Aman dan memantau setiap perkembangannya.

Setelah di-download, pengguna dapat mempelajari fitur-fitur yang tersedia. Di sini tersedia tombol darurat untuk mendapatkan bantuan sesegera mungkin, komunitas aman fitur siskamling digital, laporan insiden keperluan layanan publik, nomor penting instansi terkait di sekitar pengguna, serta fitur keluarga aman yang dapat mengamati posisi anggota keluarga saat berpergian.

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI