Sebelum Naik MRT, Warga Jakarta Bisa Pinjam Buku di Pojok Baca

Fabiola Febrinastri
Ilustrasi Gerakan #BacaJakarta pada April 2019. (Dok : Pemprov DKI)
Ilustrasi Gerakan #BacaJakarta pada April 2019. (Dok : Pemprov DKI)

Pembangunan Pojok Baca selesai tahun ini.

Suara.com - Setelah menetapkan Gerakan #BacaJakarta pada April 2019, kini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta minta PT MRT Jakarta untuk menyediakan Pojok Baca di setiap stasiunnya. Pojok Baca ini semacam perpustakaan kecil atau micro library, yang bukan merupakan perpustakaan besar.

Permintaan ini pernah dikemukakan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Menurutnya, penumpang MRT Jakarta dapat meminjam buku di stasiun keberangkatan untuk dibaca sepanjang perjalanan, dan kemudian buku tersebut dapat dikembalikan di stasiun tujuan.

"Saya minta di semua stasiun MRT disiapkan tempat perpustakaan. Bukan perpustakaan dalam artian besar, tapi rak-rak buku," pintanya.

Menanggapi permintaan Anies, Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar mengatakan, Pojok Baca tersebut kini sudah ada di empat stasiun, yaitu Stasiun Bundaran HI, Stasiun BNI Dukuh Atas, Stasiun Blok M, dan Stasiun Lebak Bulus.

Untuk mewujudkan permintaan gubernur tersebut, MRT sudah menggandeng Perpustakaan Nasional untuk pembangunan Pojok Baca digital tahun 2020. "Yang akan kita kerjasamakan dengan Perpustakaan Nasional adalah penyediaan buku fisik maupun non fisik. Semuanya sedang jalan," ujarnya.

Menurut rencana, pembangunan Pojok Baca selesai tahun ini. Penyediaan fasilitas perpustakaan mini di setiap stasiun MRT ini merupakan fokus Pemprov DKI untuk menyemarakkan aktivitas membaca bagi masyarakat DKI.

Gerakan #BacaJakarta yang digagas Pemprov DKI merupakan upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Hal itulah yang kemudian diwujudkan dalam pendirian #RuangBacaJakarta di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, September lalu.

Anies sendiri Baswedan turun langsung, meminjam buku dan membacanya di dalam MRT. "Saya tadi baca buku kisah-kisah inspiratif, kumpulan dari kantor berita Antara. Kita meluncurkan ruang baca buku di stasiun MRT. Tadi kita mulai di Stasiun Bundaran HI dan sekarang kita di Lebak Bulus, di sini juga ada,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Anies mengatakan, ia memperbolehkan masyarakat yang ingin menyumbangkan bukunya ke pihak MRT, sehingga koleksi yang dimiliki #RuangBacaJakarta akan lebih lengkap.


Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS