Tundukkan Denmark Lewat Adu Penalti, Kroasia ke Perempat Final

Kroasia menang 3-2 dalam drama adu penalti tersebut

Reky Kalumata Suara.Com
Senin, 02 Juli 2018 | 04:01 WIB
Tundukkan Denmark Lewat Adu Penalti, Kroasia ke Perempat Final
Para pemain Kroasia merayakan gol saat menghadapi Denmark di babak 16 besar Piala Dunia 2018. [Anadolu Agency]

Suara.com - Kroasia harus bekerja keras untuk lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2018 setelah secara dramatis menundukkan Denmark lewat adu penalti di Nizhny Novgorod Stadium Senin (2/7/2018) dini hari WIB.

Kroasia memastikan memenangkan laga babak 16 besar setelah dalam drama adu penalti menang 3-2. Tiga gol Kroasia dalam adu penalti tersebut dicetak oleh Andrej Kramaric, Luka Modric dan Ivan Rakitic.

Denmark hanya mencetak dua gol lewat Simon Kjaer dan Michael Krohn-Dehli. Sedangkan tiga tendangan penalti  pemain Denmark yaitu Christian Eriksen, Lasse Schoene dan Nicolai Joergensen dapat digagalkan kiper Danijel Subasic.

Pertandingan tersebut harus ditentukan lewat adu penalti setelah skor hingga perpanjangan waktu kedua tim masih tetap bertahan 1-1 .

Dengan kemenangan ini Kroasia akan menghadapi tuan rumah Rusia di babak perempat final Piala Dunia 2018. Rusia melaju ke delapan besar setelah secara mengejutkan mengalahkan Spanyol juga lewat drama adu penalti.

Jalannya Pertandingan

Denmark langsung menekan dan sudah berhasil unggul saat laga baru satu menit. Berawal dari tendangan bebas dan sempat terjadi kemelut depan gawang dan Mathias Jørgensen akhirnya menyelesaikan umpan Thomas Delaney lewat sepakan kaki kirinya yang gagal dibendung kiper Danijel Subasic.

Para pemain Denmark merayakan gol Mathias Joergensen ke gawang Kroasia di awal pertandingan. (Anadolu)
Para pemain Denmark merayakan gol Mathias Joergensen ke gawang Kroasia di awal pertandingan. (Anadolu)

Namun, Kroasia langsung bangkit mengejar ketertinggalannya. Pada menit ke-4, Mario Mandzukic sudah berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah dia mendapatkan bola pantul dari kesalahan pemain Denmark dan dengan dingin melepaskan tembakan kaki kanannya di depan gawang.

Kroasia masih mencoba menekan Denmark. Pada menit ke-12, sebuah usaha Ivan Perisic lewat tendangan kaki kanannya dari luar kotak penalti masih dapat dapat diblok pemain belakang Denamrk. Lagi Perisic mencoba mengancam di menit ke-19 lewat sepakannya dari sisi kiri namun kembali diblok.

Pada menit ke-20, Mandzukic sempat terjatuh di kotak penalti setelah dihadang oleh Jonas Knudsen. Namun wasit Nestor Pitana akhirnya menyatakan bahwa itu bukanlah pelanggaran setelah dipastikan lewat review video assistant referee (VAR).

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Suara.com WhatsApp Channel di ponsel kamu

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BOLA

TERKINI