Daftar Top Skor Piala Dunia 2018, Harry Kane Gondol Sepatu Emas

Yang menarik, jumlah gol bunuh diri sepanjang turnamen melebihi torehan gol Kane.

Rully Fauzi Suara.Com
Senin, 16 Juli 2018 | 11:26 WIB
Daftar Top Skor Piala Dunia 2018, Harry Kane Gondol Sepatu Emas
Striker dan kapten Timnas Inggris, Harry Kane. [Anadolu Agency]

Suara.com - Pagelaran Piala Dunia 2018 akhirnya rampung juga, dengan Timnas Prancis berhasil keluar sebagai kampiun usai menggasak Kroasia dengan skor 4-2 pada laga final di Luzhniki Stadium, Moskow, Minggu (15/7/2018) malam WIB.

Playmaker sekaligus kapten Kroasia, Luka Modric menyabet trofi Golden Ball alias Pemain Terbaik turnamen. Sementara gelar Silver Ball alias Pemain Muda Terbaik menjadi milik wonderkid Prancis, Kylian Mbappe. Sedangkan Golden Gloves Award atau Kiper Terbaik jatuh ke tangan penjaga gawang Belgia Thibaut Courtois.

Nah, untuk gelar prestisius Golden Boot alias Top Skorer Piala Dunia 2018 berhasil diamankan bomber andalan sekaligus kapten Inggris, Harry Kane. Dengan torehan enam gol, Kane memimpin daftar akhir Top Skor dan berhak atas trofi Sepatu Emas.

Ya, meski urung mencetak gol di fase perempat final saat Inggris menang 2-0 atas Swedia dan semifinal saat Inggris takluk 1-2 dari Kroasia, Kane tak tergoyahkan di puncak daftar top skor.

Raihan enam gol Kane itu tak bisa dikejar oleh duo penyerang Prancis, Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe yang sama-sama bikin gol di laga final tadi malam. Total keduanya masing-masing hanya membukukan empat gol di Piala Dunia 2018.

Ya, posisi kedua daftar top skor ditempati oleh lima pemain dengan masing-masing empat gol. Selain Griezmann dan Mbappe, ada Romelu Lukaku, Cristiano Ronaldo, dan Denis Cheryshev.

Yang menarik, total jumlah gol bunuh diri di sepanjang turnamen ternyata melebihi torehan gol Kane. Ya, ditambah dengan gol bunuh diri penyerang Kroasia, Mario Mandzukic di laga tadi malam, total ada 12 gol bunuh diri di sepanjang penyelenggaraan Piala Dunia

Torehan ini dua kali lipat dari Piala Dunia 1998 (6 gol), yang sebelumnya memegang rekor gol bunuh diri terbanyak di pentas Piala Dunia.

Daftar Akhir Top Skor Piala Dunia 2018:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BOLA

TERKINI