Partai Besar Kalah di Pilkada, Pengamat: Peta Pilpres Berubah

Asep menilai, efek Pilgub Jakarta berlanjut di Pilkada 2018 ini

Bangun Santoso Suara.Com
Kamis, 28 Juni 2018 | 14:43 WIB
Partai Besar Kalah di Pilkada, Pengamat: Peta Pilpres Berubah
Ilustrasi warga memilih di TPS.

Suara.com - Pilkada Serentak baru saja digelar Rabu (27/6/2018) kemarin. Dari hasil hitung cepat atau quick count sejumlah lembaga survei ada beberapa partai besar harus tumbang karena pasangan calon (paslon) yang diusungnya kalah. Salah satunya adalah PDIP.

Data sejumlah lembaga survei seperti LSI, SMRC, Indo Barometer dan Populi menyebutkan, PDIP kalah di empat provinsi besar. Yakni di Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Selatan (Sumsel), Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Timur (Jatim).

Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati, Asep Saefulah Muhtadi menilai, hasil hitung cepat lembaga survei itu menggambarkan ada perubahan dalam orientasi pemilih di Pilkada Serentak kali ini. Terutama pasca-Pilkada Jakarta 2017 lalu.

Menurut Asep, fenomena itu terlihat seperti isu SARA di beberapa daerah seperti layaknya saat Pilkada Jakarta beberapa waktu lalu. Sama seperti di Jakarta, maraknya isu-isu yang beredar sedikit banyak mempengaruhi para pemilih.

"Kondisi ini bisa menjadi gambaran bagaimana Pilpres 2019 nanti. Bisa saja masih terjadi dan ini harus menjadi catatan bagi elite partai ke depan," ujar Asep saat dihubungi Suara.com, Kamis (28/6/2018) siang.

Menjelang Pilpres 2019, hasil Pilkada Serentak 2018 ini bisa menjadi pijakan bagaimana merubah strategi parpol menjelang pemilihan Presiden. Parpol tidak hanya mencari sosok yang benar-benar tepat sesuai kehendak rakyat. Namun harus memahami dan mendalami fenomena keinginan masyarakat selaku pemilih.

"Jadi tidak hanya mencari sosok figur yang populer saja. Itu belum cukup, ini sudah tergambar dan terjadi di pilkada beberapa daerah," kata dia.

Namun demikian, Asep menilai, ada dampak positif dari fenomena pemilih itu terhadap demokrasi di Indonesia. Animo masyarakat untuk memilih menjadi lebih besar. Hal ini menjadikan Pilkada Serentak 2018 ini disebutnya lebih baik ketimbang Pilkada Serentak 2017 lalu.

Untuk diketahui, dari hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei PDIP yang saat ini memegang pemerintahan justru kalah di empat provinsi yang memiliki jumlah suara besar.

Cukup mengagetkan adalah kekalahan jagoan PDIP di Jawa Barat yakni pasangan TB Hasanuddin - Anton Charliyan yang hanya meraih sekitar 12 persen suara. Padahal tiga pasangan lainnya berhasil meraup suara di atas 20 dan 30 persen.

suara hati ramadan 1445 H

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI