Partisipasi Pemilih Pilkada Jabar di Bawah Target Nasional

Tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak di Jawa Barat mencapai 71 persen.

Minggu, 08 Juli 2018 | 13:22 WIB
Partisipasi Pemilih Pilkada Jabar di Bawah Target Nasional
Ridwan Kamil bersama istri saat memberikan hak suara di TPS. (Suara.com/Ria Rizki)

Suara.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tetap mengapresiasi tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Barat dan Pilkada serentak di 16 Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak di Jawa Barat mencapai 71 persen. Komisioner KPU RI, Pramono mengatakan persentase partisipasi masyarakat Jawa Barat memang masih dibawah target nasional. Dimana, target nasional penggunaan hak suara pada Pilkada 2018 yakni sebesar 73 persen.

"Dari segi partisipasi nasional belum memenuhi target, tapi dari yang ada harus diapresiasi," ujar Pramono di sela Rapat Pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi Pilgub Jawa Barat, di Aula KPU, Jalan Garut, Bandung, Jawa Barat, Minggu (8/7/2018).

Menurutnya kesadaran masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam berpolitik. Terutama dalam menggunakan hak suaranya di Pilkada serentak memang perlahan mengalami kenaikan.

"Ada kecenderungan menurun, tapi di daerah ada kenaikan, Jawa Barat dari 63 persen pada 2013, sekarang 71 persen di 2018, sekarang capaiannya bukan main, dari upaya yang dilakukan teman - teman itu harus kita apresiasi," jelasnya.

Pramono pun mengapresiasi penyelenggaraan yang dilakukan. KPU Jawa Barat, Bawaslu, dan Kepolisan lantaran Pilkada kali ini berjalan dengan lancar dan nyaris tidak ada hambatan.

"Terima kasih juga untuk 4 pasangan calon yang berkompetisi sehat, rivalitas politik yang ada bisa dijaga dengan kondisi baik, kita bangun sportivitas untuk menerima hasilnya, ada persaingan, konstenstasi, tapi yang penting itu harus ada spirit sportivitas," tutupnya. (Aminuddin)

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI