Italia Kembali Bidik Final Euro

Reky Kalumata
Italia Kembali Bidik Final Euro
Timnas Italia berlatih. (Shutterstock)

Masih tetap menjadi tim favorit di turnamen.

Suara.com - Tim Italia masih pantas difavoritkan di Piala Eropa 2016 ini. Kehadiran Italia di Prancis 2016 ini bukanlah suatu kejutan karena hampir seperti Jerman, Gli Azzurri merupakan tim spesialis turnamen.

Kekuatan tim Italia di sepakbola Eropa dan juga dunia memang sudah tidak usah diragukan lagi. Berbagai prestasi telah diraih tim dari negeri Pizza ini diantaranya empat kali meraih gelar piala dunia dan sekali gelar piala Eropa.

Gli Azzurri meraih tiket ke Prancis 2016 dengan hasil yang sempurna setelah menjadi juara Grup H tanpa sekalipun kalah. Ini adalah kedelapan kalinya Italia melaju ke putaran final Piala Eropa sejak 1968.

Sedangkan prestasi terbaik mereka di ajang ini ialah ketika menjadi juara edisi 1968. Pada Euro 2012 lalu, Gli Azzurri juga mampu melaju hingga ke final namun takluk dari Spanyol dengan skor telak 0-4.

Kini bersama Antonio Conte, Gli Azzurri mencoba mengulangi sukses mereka ke final. Tugas Conte memang tidak mudah karena dia harus menyusun pemainnya setelah kegagalan buruk mereka di Piala Dunia Brazil 2014.

Meski masih mengandalkan beberapa pemain senior namun Conte tetap memiliki stok bakat muda yang melimpah. Posisi Gianluigi Buffon sebagai El Capitano dan di bawah mistar gawang tampaknya belum tergantikan.

Di barisan belakang mereka punya Matteo Darmian, Leonardo Bonucci dan lain lain. Sedangkan di lini tengah ada Riccardo Montolivo dan Emanuele Giaccherini dan di depan ada Simone Zaza, Lorenzo Insigne dan lain lain.

Conte pun telah membuktikan ketangguhan skuatnya dengan tidak terkalahkan di 10 laga kualifikasi (7 menang, 3 seri). Kini persiapan lebih matang dan skuat yang tangguh sedang disiapkan oleh Conte untuk tampil di Prancis.

Italia berada di Grup E, bersama Belgia, Irlandia dan Swedia. Di atas kertas, Gli Azzurri masih berpeluang melaju ke babak berikutnya. Mampukah Italia kembali merasakan final di Euro kali ini. Kita tunggu saja.

Data Profil:

Tim Italia
-Julukan tim: Gli Azzuri dan La Nazionale
-Penampilan di (putaran final) Euro: 8 kali
-Juara Euro: 1
-Runner-up: 1
-Pemain bintang: Gianluigi Buffon
-Pelatih: Antonio Conte
-Daftar pemain (sementara):

Kiper: Gianluigi Buffon (Juventus), Daniele Padelli (Torino), Salvatore Sirigu (Paris Saint-Germain)

Bek: Francesco Acerbi (Sassuolo), Andrea Barzagli (Juventus),Leonardo Bonucci (Juventus), Giorgio Chiellini (Juventus), Domenico Criscito (Zenit), Matteo Darmian (Manchester United), Mattia De Sciglio (AC Milan), Manuel Pasqual (Fiorentina)

Gelandang: Andrea Bertolacci (AC Milan), Daniele De Rossi (Roma), Alessandro Florenzi (Roma), Marco Parolo (Lazio), Andrea Pirlo (New York City FC), Roberto Soriano (Sampdoria), Marco Verratti (Paris Saint-Germain)

Penyerang: Antonio Candreva (Lazio), Stephan El Shaarawy (AS Roma), Eder (Inter Milan), Manolo Gabbiadini (Napoli), Sebastian Giovinco (Toronto), Ciro Immobile (Sevilla), Lorenzo Insigne (Napoli), Graziano Pelle (Southampton), Simone Zaza (Juventus)


Jadwal Pertandingan :

Vs Belgia, 14-6-2016, 02:00, Stade des Lumieres

Vs Swedia, 17-6-2016, 13:00, Stadium Municipal

Vs Irlandia, 22-6-2016, 19.00, Stade Pierre-Mauroy