Stade Velodrome, Saksi Bisu Kejayaan Platini di Masa Lalu

Syaiful Rachman
Stade Velodrome, Saksi Bisu Kejayaan Platini di Masa Lalu
Stadion Velodrome, Marseille, Prancis. [REUTERS/Jean-Paul Pelissier] 6/5/2016

Platini mencetak gol bersejarah di stadion ini.

Suara.com - Stade Velodrome merupakan satu dari sejumlah stadion di Prancis yang tidak hanya digunakan sebagai arena pertandingan sepak bola. Stadion yang dibuka sejak tahun 1937 ini, juga menjadi arena bagi pecinta olahraga Rugby di Prancis.

Stadion yang menjadi markas bagi klub Olympique de Marseille ini merupakan salah satu stadion yang menyimpan kenangan manis bagi tim nasional Prancis. Di stadion ini, Les Bleus melakoni laga hidup mati, yang pada akhirnya membawa Prancis ke tangga juara Eropa untuk pertama kalinya.

Di tahun 1984, untuk kedua kalinya Prancis menjadi tuan rumah Piala Eropa. Melaju mulus, Les Blues nyaris terjegal di babak semifinal saat menghadapi Portugal di Stade Velodrome.

Dalam pertandingan yang berlangsung selama 120 menit itu, Prancis berhasil melaju ke final setelah Michel Platini mencetak gol penentu di menit 119. Dalam laga itu, Prancis menyingkirkan Portugal dengan skor tipis 3-2. Di partai puncak, Prancis akhirnya merengkuh trofi Piala Eropa pertama mereka usai mengalahkan Spanyol dua gol tanpa balas di Parc des Princess.

Penting diketahui pula, stadion yang dibangun di atas tanah milik militer Prancis ini sudah menggelar puluhan pertandingan bertaraf internasional. Sejak digelarnya Piala Dunia 1938 hingga jamuan Prancis kepada tim-tim papan atas dunia di Piala Dunia 1998, sebanyak 13 pertandingan digelar di Stade Velodrome.

Selain laga menentukan antara Prancis vs Portugal di semifinal Piala Eropa 1984, stadion ini juga menjadi saksi kemenangan Brasil atas Belanda di partai semifinal Piala Dunia 1998.

Di Piala Eropa kali ini, enam pertandingan dijadwalkan bakal digelar di stadion ini. Termasuk salah satu partai semifinal yang bakal digelar pada 7 Juli mendatang.

Namun apapun yang terjadi di Piala Eropa kali ini, legenda Les Blues, Michel Platini, yang keluar sebagai pahlawan kemenangan Prancis atas Portugal di tahun 1984, dipastikan tidak akan hadir menyusul hukuman FIFA yang dijatuhkan padanya. Platini tidak akan bisa menyaksikan langsung laga babak empat besar di stadion yang pernah menjadi saksi akan kejayaan dirinya bersama Les Bleus di masa lalu.

Nama: Stade Velodrome
Kapasitas: 67.000
Pengguna: Olympique de Marseille
Resmi dibuka: Juni 1937 (dibuka ulang pada Oktober 2014)
Pertandingan Piala Eropa 2016:
-Fase Grup
11/06/16: Inggris vs Rusia (B)
15/06/16: Prancis vs Albania (A)
18/06/16: Islandia vs Hungaria (F)
21/06/16: Ukraina vs Polandia (C)

-Babak perempat final
30/06/16: Pemenang di laga 37 vs 39

-Semifinal
07/07/16: Pemenang di laga 47 vs 48