facebook

Grand Stade, Stadion Mewah Kebanggaan Prancis di Piala Eropa 2016

Syaiful Rachman
Stadion Grand Stade, Lyon, Prancis. [REUTERS/Robert Pratta] 6/5/2016
Stadion Grand Stade, Lyon, Prancis. [REUTERS/Robert Pratta] 6/5/2016

Stadion ini merupakan jawaban atas salah satu janji yang diberikan Prancis kepada UEFA.

Suara.com - Stadion Parc Olympique Lyonnais, dikenal juga dengan sebutan Grand Stade atau Stade des Lumieres, merupakan markas dari salah satu klub penghuni Ligue 1, Olympique Lyonnais atau yang kita kenal dengan nama Lyon. Stadion ini merupakan markas terbaru dari Lyon, menggantikan stadion sebelumnya yang dikenal dengan nama Stade de Gerland.

Stadion yang diresmikan pada 9 Januari 2016 lalu ini dibangun di atas lahan seluas 50 hektar. Stadion ini menjadi salah satu stadion termewah di Prancis saat ini. Selain fasilitas olahraga, di area stadion ini terdapat dua buah hotel, pusat perbelanjaan dan juga fasilitas rekreasi keluarga.

Bisa dibilang, stadion ini menjadi salah satu faktor Prancis memenangkan hak penyelenggaraan piala Eropa kali ini. Pasalnya, apa yang saat ini tersedia di Parc Olympique Lyonnais merupakan sebagian janji yang diberikan FFF saat mengajukan diri sebagai tuan rumah.

Saat masih bernama Stade de Gerland, stadion ini menjadi saksi sejarah atas kekalahan Jerman di Piala Dunia 1998. Menghadapi Kroasia di babak perempat final, Jerman kala itu dibantai dengan tiga gol tanpa balas.

Sebelumnya di Piala Eropa 1984, Stade de Gerland juga menjadi satu dari tujuh stadion yang digunakan Prancis selaku tuan rumah saat itu. Dua pertandingan tidak terlupakan yang digelar di Stade de Gerland saat itu adalah kemenangan telak Denmark 5-0 atas Yugoslavia (saat itu dikenal sebagai salah satu tim raksasa) di fase grup, dan kekalahan Denmark atas Spanyol dalam drama adu penalti di babak semifinal.

Di gelaran Piala Eropa kali ini, Stade de Gerland yang kini dikenal dengan nama baru akan menjadi saksi bisu bagi enam laga. Termasuk duel antara Italia dengan Belgia di fase grup dan satu laga semifinal yang akan digelar pada 6 Juli.

Nama: Stade de Lyon
Kapasitas: 59.000
Pengguna: Olympique Lyonnais
Resmi dibuka: Januari 2016
Pertandingan Piala Eropa 2016:
-Fase Grup
13/06/16: Belgia vs Italia (E)
16/06/16: Ukraina vs Irlandia Utara (C)
19/06/16: Rumania vs Albania (A)
22/06/16: Hungaria vs Portugal (F)

-Babak 16 besar
26/06/16: Pemenang WA vs 3C/D/E

-Semifinal
06/07/16: Pemenang di laga 45 vs 46.