facebook

Polandia, "Elang Putih" yang Berharap di Kesempatan Ketiga

Arsito Hidayatullah
Para pemain Polandia berpose sebelum pertandingan. [Shutterstock]
Para pemain Polandia berpose sebelum pertandingan. [Shutterstock]

Saat kualifikasi lalu, mereka sukses menekuk Jerman 2-0 di kandang.

Suara.com - Terhitung tahun ini, Polandia baru tiga kali masuk putaran final Piala Eropa. Pertama kali pada Euro 2008, kedua saat jadi tuan rumah (bersama Ukraina) di 2012, dan kemudian sekarang.

Sayang, dari dua kali keikutsertaan sebelumnya, tim berjulukan White Eagles (Elang Putih) ini belum mampu bicara banyak. Tidak saja terhenti di fase grup, mereka bahkan berada di dasar klasemen pada kedua ajang tersebut. Makanya kini, di kesempatan ketiga, mereka tentu berharap ada pencapaian lebih tinggi.

Sebenarnya Polandia bukan sama sekali pemain baru di kancah persepakbolaan Eropa, bahkan juga dunia --di mana sampai saat ini mereka tercatat sudah 7 kali mengikuti putaran final Piala Dunia (PD). Dengan federasi sepakbola yang sudah terbentuk sejak tahun 1919, Polandia terutama kondang pada era 1970-an dan 1980-an.

PD 1974 adalah salah satu pencapaian terbaik Polandia. Tidak saja berkat kemampuan menyisihkan Inggris di kualifikasi, mereka juga akhirnya meraih posisi ketiga dengan mengalahkan Brasil 1-0. Bintang mereka saat itu, Grzegorz Lato, bahkan meraih trofi Sepatu Emas berkat capaian 7 golnya.

Pencapaian serupa kemudian mampu diulang Polandia pada PD 1982 di Spanyol. Kali ini, posisi ketiga mereka raih setelah menang dalam pertandingan melawan Prancis dengan skor 3-2. Hanya saja setelah itu, bahkan sampai berpuluh tahun sesudahnya, pencapaian Polandia nyaris tak ada apa-apanya lagi.

Harapan baru kini ada di Euro 2016, lantaran mereka lolos ke Prancis dengan selisih 1 poin saja di bawah Jerman (juara Grup D kualifikasi). Polandia bahkan menjadi salah satu tim yang mampu menekuk Jerman di kualifikasi tersebut, dengan skor 2-0 saat menjadi tuan rumah.

Adalah Jerman pula yang kembali akan menjadi salah satu pesaing Polandia di putaran final di Prancis. Sementara dua lainnya adalah Ukraina dan Irlandia Utara. Di atas kertas, minimal posisi kedua di grup (untuk lolos ke fase knock-out) tampaknya bisa dicapai oleh Polandia.

Data Profil:
-Julukan tim: The White Eagles (Elang Putih)
-Penampilan di (putaran final) Euro: 3 kali
-Juara Euro: -
-Runner-up: -
-Pemain bintang: Robert Lewandowski
-Pelatih: Adam Nawalka
-Daftar pemain (sementara):
Kiper: Wojciech Szczesny, Lukasz Fabianski, Artur Boruc
Belakang: Jakub Wawrzyniak, Lukasz Piszczek, Maciej Rybus, Kamil Glik, Artur Jedrzejczyk, Michal Pazdan, Lukasz Szukala
Tengah: Jakub Blaszczykowski, Tomasz Jodlowiec, Kamil Grosicki, Grzegorz Krychowiak, Piotr Zielinski, Ariel Borysiuk, Sebastian Mila, Slawomir Peszko, Krzysztof Maczynski
Depan: Robert Lewandowski, Arkadiusz Milik, Lukasz Teodorczyk, Artur Sobiech
-Jadwal laga:
vs Irlandia Utara -- 12-06-2016, 18.00 (waktu setempat), Allianz Riviera, Nice
vs Jerman -- 16-06-2016, 21.00, Stade de France, Saint-Denis
vs Ukraina -- 21-06-2016, 18.00, Stade Velodrome, Marseille
[UEFA]