facebook

Spanyol Tuan Rumah Euro 1964, Spanyol Juaranya

Reky Kalumata
Logo Euro 1964. (istimewa)
Logo Euro 1964. (istimewa)

Raih Piala Eropa pertamanya.

Suara.com - Piala Eropa 1964 yang digelar di Spanyol dapat dimanfaatkan dengan baik oleh tuan rumah. Tim Matador mengukir sejarah setelah mengangkat trofi penting mereka di sepak bola usai mengalahkan juara bertahan Uni Soviet di final.

Pada turnamen Piala Eropa edisi kedua yang digelar di Spanyol, partisipan meningkat drastis menjadi 29 tim setelah sebelumnya hanya 17 tim. Sementara   Jerman Barat absen sekali lagi dan Yunani menarik diri.

Uni Soviet, Austria, dan Luksemburg mendapat bye, sehingga mereka langsung lolos ke putaran kedua. Pertandingan tetap dilaksanakan dengan sistem gugur tandang-kandang, hingga semifinal, dan empat tim menunju final.

Akhirnya Uni Soviet, Spanyol, Hungaria dan Denmark bersaing ke final. Uni Soviet sukses menekuk Denmark 3-0 di Barcelona, sedangkan Spanyol menekuk Hungaria 2-1 lewat perpanjangan waktu di Madrid hasil gol kemenangan Amancio.

Spanyol yang sebelumnya menarik diri dari turnamen di 1960, dipimpin Luis Suarez memilih untuk menghadapi Uni Soviet. Di depan 79 ribu penonton di Santiago Bernabeu, tuan rumah menang 2-1 lewat gol akhir dari Marcelino.

El Matador pun mengangkat trofi Piala Eropa pertamanya dan ini menjadi titik kejayaan Spanyol di dunia sepak bola.

Data Piala Eropa 1964:
-Tuan rumah (turnamen final): Spanyol
-Juara: Spanyol
-Final: Spanyol vs Uni Soviet (2-1)
-Waktu: 21 Juni 1964
Tempat: Santiago Bernabeu, Madrid