facebook

Euro 1968, Lempar Koin Warnai Jalan Sukses Italia

Reky Kalumata
Logo euro 1968
Logo euro 1968

Italia menang setelah melakukan pertandingan ulangan di final.

Suara.com - Keberuntungan tampaknya berpihak kepada tuan rumah Italia saat Piala Eropa 1968. Dino Zoff dan kawan kawan lolos ke final karena lempar koin dan akhirnya menjadi juara setelah menang di pertandingan ulangan.     

Piala Eropa 1968 digelar di Italia. Beberapa perubahan juga dilakukan di turnamen kali ini, antaranya pergantian nama dari European Nation's Cup menjadi European Championship.  

Bukan hanya itu, UEFA juga melakukan perubahan dalam format turnamen.  yaitu dengan format grup di kualifikasi sebelum Piala Eropa, sementara format empat besar dengan satu negara tuan rumah tetap di pakai.

Babak kualifikasi dilakukan dalam dua tahap, yakni penyisihan grup dan perempat final dengan sistem home and away hingga ke Perempat Final. Semi Final diadakan di salah satu negara penyelenggara hingga Final.

Setelah digelar babak penyisihan akhirnya Italia, Uni Soviet, Yugoslavia, dan Inggris lolos ke semifinal. Sedangkan kota Roma, Napoli, dan Naples menjadi kota penyelanggaraan babak semifinal.

Italia akhirnya bertemu dengan Uni Soviet yang berakhir tanpa gol hingga 120. Akhirnya pertandingan ditentukan dengan lempar koin karena pada saatu itu belum ada regulasi resmi soal adu penalti.

Italia akhirnya keluar sebagai juara dalam lempar koin tersebut. Tuan rumah akan menghadapi Yugoslavia yang sukses mengalahkan Inggris 1-0 berkat gol Dragan Džajić di menit ke-87 di Stadio Comunale, Florence.

Pada laga final 8 Juni 1968 di Stadio Olimpico, Italia dan Yugoslavia bermain sama kuat 1-1. Yugoslavia unggul lebih dulu lewat gol Dzajic di babak pertama sebelum disamakan Angelo Domenghini di menit ke-80.

Akhirnya digelar pertandingan ulang karena skor tetap 1-1 hingga perpanjangan waktu. Dua hari kemudian, pertandingan final ulangan digelar di tempat yang sama.

Dino Zoff dan kawan - kawan akhirnya menjadi juara Euro 1968 ini setelah menang 2-0 atas Yugoslavia. Dua gol Gli Azzurri masing masing dicetak oleh Luigi Riva dan Pietro Anastasi semua di babak pertama.


Data Piala Eropa 1968:
-Tuan rumah (turnamen final): Italia
-Juara: Italia
-Final: Italia vs Yuguslavia  (2-0)
-Waktu: 10 Juni 1968
Tempat: Stadio Olimpico, Roma