Gol Bunuh Diri McAuley Antar Wales ke Babak Delapan Besar

Syaiful Rachman
Gol Bunuh Diri McAuley Antar Wales ke Babak Delapan Besar
Pemain Wales rayakan gol bunuh diri pemain Irlandia Utara [Reuters]

Pemain itu mencoba menghalau umpan silang Gareth Bale.

Suara.com - Wales akhirnya berhasil melaju ke babak perempat final Piala Eropa 2016. Menghadapi Irlandia Utara di Parc des Princes, Wales menang tipis dengan skor 1-0.

Gol kemenangan Wales lahir dari kaki pemain Irlandia Utara Gareth McAuley yang mencetak gol bunuh diri di menit 75.

Jalannya Pertandingan

Bermain dengan intensitas rendah di babak pertama, Irlandia Utara membuka peluang lebih dulu di awal laga. 10 menit bola bergulir, Irlandia Utara nyaris unggul lewat sepakan keras Dallas jika saja bola gagal dibendung Hennessey.

Memasuki menit 19, gawang Irlandia bergetar. Akan tetapi gol yang dicetak Aaron Ramsey tersebut dibatalkan wasit karena dinilai berbau offside.

Di pertengahan laga, intensitas permainan kedua tim meningkat. Bertukar serangan, kedua kubu dengan sabar mencoba membongkar pertahanan.

Memainkan umpan-umpan panjang, Wales terus menekan lewat sisi lapangan. Akan tetapi berulang kali para pemain Wales gagal membangun serangan lantaran umpan-umpan yang terlalu jauh. Hingga turun minum, skor kacamata tetap bertahan.

Tujuh menit bola bergulir di babak kedua, Wales mendapat peluang. Menyambut umpan jauh Ramsey, Vokes yang lolos dari kawalan menyambar bola dengan tandukkannya. Namun bola melebar tipis dari gawang Irlandia Utara yang dikawal McGovern.

Irlandia Utara berbalik mengancam. Lewat serangan cepat, Ward yang tidak terkawal mencoba melepaskan tendangan keras ke arah gawang. Bola memang mengarah ke gawang, namun terlalu lemah sehingga dengan mudah diamankan Hennessey.

Di menit 57, Wales nyaris mengubah papan skor lewat tendangan bebas yang dieksekusi Gareth Bale. Beruntung bagi tim lawan, bola mampu dibendung McGovern.

Upaya keras anak asuh Chris Coleman akhirnya berbuah di menit 75. Pemain Irlandia Utara Gareth McAuley mencatatkan bunuh diri setelah mencoba membuang bola silang yang dilepaskan Bale dari sisi kiri gawang McGovern. Wales memimpin 1-0.

Di sisa waktu pertandingan, jual beli serangan kedua tim semakin intens. Namun hingga peluit panjang dibunyikan, keunggulan Wales tetap bertahan. Wales melaju ke babak perempat final.

Susunan Pemain:
Wales (5-3-2): Hennessey, Chester, Williams, Gunter, Taylor, Davies, Allen, Ramsey, Ledley, Bale, Hal Robson-Kanu.
Irlandia Utara (4-5-1): McGovern, Hughes, McAuley, Cathcart, Evans, Davis, Dallas, Baird, Ward, Norwood, Lafferty.