Antar Portugal ke Final, Ronaldo Samai Rekor Platini

Syaiful Rachman
Antar Portugal ke Final, Ronaldo Samai Rekor Platini
Cristiano Ronaldo luapkan kegembiraannya usai Portugal menyingkirkan Wales di babak semifinal [Reuters]

Ronaldo berpeluang geser rekor legenda Prancis itu di babak final.

Suara.com - Kapten Portugal Cristiano Ronaldo kembali mencatatkan prestasi baru dalam karirnya. Mencetak satu gol ke gawang Wales, Ronaldo menyamai rekor legenda Prancis, Michel Platini, sebagai pemain tersubur di Piala Eropa.

Menghadapi Wales di semifinal, Ronaldo membuka kemenangan Portugal di menit 50. Lewat tandukkan kerasnya ke gawang Hennessey, Ronaldo tercatat sudah mengoleksi sembilan gol di Piala Eropa.

Selain menyamai rekor Platini, pemain Real Madrid itu juga mencatatkan sejarah baru di turnamen akbar Eropa tersebut. Tercatat, Ronaldo merupakan pemain pertama yang berhasil mencetak gol di empat gelaran Piala Eropa berbeda.

Gol pertama Ronaldo di Piala Eropa dicetaknya di tahun 2004 silam saat Portugal dikalahkan Yunani 2-1. Di akhir turnamen, saat itu Ronaldo mencatatkan dua gol.

Empat tahun berikutnya, Ronaldo hanya membukukan satu gol. Namun di Piala Eropa 2012, Ronaldo mengakhiri kiprahnya bersama Portugal di babak semifinal dengan torehan tiga gol.

Kini, Ronaldo sudah mengemas tiga gol. Dengan total sembilan gol, Ronaldo berpeluang untuk menyingkirkan Platini dari daftar pemain tersubur Piala Eropa jika pemain berjuluk CR7 itu mampu mencetak gol di partai puncak. (Soccerway)