facebook

Gagal Raih Juara Euro, Loew Lanjut Pimpin Jerman ke Piala Dunia

Reky Kalumata
Pelatih Jerman Joachim Loew [Reuters]
Pelatih Jerman Joachim Loew [Reuters]

Jerman tersingkir di babak semifinal Euro 2016.

Suara.com - Gagal meraih gelar juara di Euro 2016 tidak membuat Joachim Loew kehilangan posisinya. Loew akan tetap memimpin Jerman untuk mempertahankan gelar juara Piala Dunia setelah melakukan pembicaraan dengan Asosiasi Sepak bola Jerman (DFB).

Laju tim Panser di Euro 2016 akhirnya harus terhenti di babak semifinal setelah kalah 0-2 dari tuan rumah Prancis di Marseille. Usai kekalahan tersebut, Loew mengatakan bahwa dia akan mempertimbangkan soal posisinya sebagai pelatih Jerman.

Namun, DFB akhirnya mengumumkan bahwa Loew akan tetap melanjutkan kontraknya yang akan selesai di 2018. Kini pelatih berusia 58 tahun itu pun akan berkonsentrasi untuk mempertahankan gelar Piala Dunia yang akan digelar di Rusia.

"Akhir turnamen adalah saat yang tepat untuk berhenti sejenak," kata Loew. "Tapi bagi saya itu jelas:. Meski kecewa, tim kami tidak mengecewakan. Kami memiliki tim termuda di turnamen dan saya masih melihat banyak potensi."

"Saya merasa yakin bahwa tim ini akan membawa kami mendapatkan banyak sukacita dan saya merasa bahagia seperti pernah dapat bekerja dengan pemain ini dan terus mengembangkan mereka menuju Piala Dunia 2018," ujar Loew.

Sementara Presiden DFB Reinhard Grindel merasa senang Loew memutuskan untuk bertahan dan dia menyebutnya  sebagai "pelatih terbaik untuk tim ini".

"Itu adalah pertanyaan untuk dihormati untuk memberikan pelatih kepala selama beberapa hari untuk dirinya sendiri setelah turnamen intensif tersebut sehingga ia bisa menganalisis apa yang terjadi dengan rasa damai," kata Grindel.   

"Namun, kami tidak pernah meragukan bahwa dia akan bertekad untuk melanjutkan perjalanannya dan bekerja menuju tujuan utama kami mempertahankan gelar juara Piala Dunia di 2018," ungkapnya. (Scoresway)