facebook

Ronaldo Menangi Piala Eropa, Ferguson: Enggak Heran

Rizki Nurmansyah
Sir Alex Ferguson dan Cristiano Ronaldo saat keduanya sama-sama masih di Manchester United [AFP/Andrew Yates]
Sir Alex Ferguson dan Cristiano Ronaldo saat keduanya sama-sama masih di Manchester United [AFP/Andrew Yates]

Teladan yang baik bagi para pemain muda.

Suara.com - Sir Alex Ferguson mengaku tidak heran dengan pencapaian demi pencapaian yang diraih mantan anak didiknya di Manchester United, Cristiano Ronaldo.

Manajer legendaris MU itu menilai Ronaldo pantas mendapatkan banyak gelar lantaran senantiasa bekerja keras. Ferguson pun mengungkapkan Ronaldo merupakan teladan yang baik bagi para pemain muda.

"Dia (Ronaldo) memiliki hasrat yang sangat besar dalam sepakbola. Cristiano selalu bekerja keras dalam latihan. Dia selalu ingin lebih baik, dan terus menang. Dia sangat menyukai laga besar," kata Ferguson kepada Bild.

"Saat saya di MU, Cristiano pemain yang paling signifikan perkembangannya. Pekerja keras. Dia rutin melatih teknik tendangannya, baik dengan kaki kanan, kiri, kemampuan menyundul, dan mentalnya," lanjut Fergie--sapaan akrab Ferguson.

"Biasanya pemain top hanya bisa bermain selama lima atau enam tahun di level tertinggi, setelah itu berakhir. (Tapi) Cristiano terus menjaga performa puncaknya lebih dari 10 tahun. Ini yang membuat dia begitu luar biasa. Setiap generasi memiliki pesepakbola istimewa, Cristiano adalah yang istimewa saat ini," pungkasnya.

Fergie turut menyaksikan langsung di Stade de France, Saint-Denis, saat Ronaldo bersama Portugal memenangi trofi Piala Eropa 2016 usai mengalahkan Prancis, 1-0, Minggu (10/7/2016). Keduanya bahkan saling berpelukan saat Ronaldo menuju tangga podium juara.

Fergie memboyong Ronaldo ke Old Trafford saat usianya baru 18 tahun; pertengahan tahun 2003. Dia dibeli dari Sporting CP dengan banderol 12,24 juta poundsterling yang membuatnya jadi pesepakbola remaja termahal dalam sejarah persepakbolaan Inggris saat itu.

Kerjasama Fergie dan Ronaldo berlangsung enam musim sebelum sang bintang memutuskan mencari tantangan lain di Spanyol bersama Real Madrid, musim panas 2009. Selama di MU, Ronaldo telah meraih sembilan trofi, diantaranya tiga trofi Liga Inggris dan satu Liga Champions 2007/08. (Soccerway)