facebook

Depak Costa dari Skuat Spanyol, Del Bosque Tak Menyesal

Reky Kalumata
Vicente Del Bosque gagal bawa Spanyol pertahankan mahkota Piala Eropa usai disingkirkan Italia di 16 Besar, (27/6) lalu [AFP/Franck Fife]
Vicente Del Bosque gagal bawa Spanyol pertahankan mahkota Piala Eropa usai disingkirkan Italia di 16 Besar, (27/6) lalu [AFP/Franck Fife]

Tetap mundur meski Spanyol bisa menjadi juara

Suara.com - Vicente del Bosque mengaku tidak menyesal telah mendepak Diego Costa dari skuat Spanyol di Euro 2016. Del Bosque juga mengatakan bahwa dia akan tetap mundur meski La Furia Roja dapat mempertahankan trofi juara.   

Del Bosque mengumumkan mundur dari jabatannya setelah Spanyol tersingkir di babak 16 besar Euro setelah kalah dari Italia. Meski Presiden Federasi Sepak bola Spanyol (RFEF) Angel Maria Villar meminta dia bertahan namun Del Bosque tetap mundur.

"Saya mundur karena sudah delapan tahun [sebagai pelatih], perjalanan panjang yang telah ada waktu untuk segalanya, untuk menang dan kalah. Waktu saya telah selesai dan saya pikir waktunya telah tiba bagi orang lain untuk melakukan hal lain," kata Del Bosque kepada Punto Pelota, seperti dilansir AS.

"Jika kami memenangkan Euro saya akan melakukan hal yang sama seperti yang telah saya lakukan sekarang. Kami diharapkan untuk melangkah lebih jauh tapi kami melawan Italia sangat kuat dan, lebih jauh lagi, mungkin kami tidak di tingkat itu," ujarnya.

Del Bosque pun sempat ditanyakan soal kesalahan yang mungkin dibuat dengan tidak memasukan pemain baru di laga terakhir grup, dimana Spanyol kalah dari Kroasia. Dia juga mengaku tidak menyesal tidak membawa striker Chelsea Diego Costa dalam skuatnya.

"Tugas kami adalah memilih pemain, menyiapkan untuk pertandingan dan untuk bersaing. Kami gagal bersaing tetapi sebaliknya kami melakukan hal-hal yang saya pikir harus kami lakukan. Saya mencoba untuk memenuhi tanggung jawab saya dalam cara yang terbaik," kata Del Bosque.

"Diego Costa? Saya tidak menyesal, dan saya tidak akan melupakannya untuk masa depan. Dengan semangat, dengan keinginannya, seperti yang saya katakan, saya tidak akan melupakan dia untuk masa depan," tukas Del Bosque. (Football Espana)