facebook

Gagal di Euro, Belgia Pecat Pelatih Wilmots

Liberty Jemadu
Pelatih timnas Belgia, Marc Wilmots (Reuters/Pascal Rossignol).
Pelatih timnas Belgia, Marc Wilmots (Reuters/Pascal Rossignol).

Kontrak Wilmots seharusnya berakhir pada 2018.

Suara.com - Asosiasi sepak bola Belgia (RBFA) telah memecat pelatih Marc Wilmots setelah tim berjuluk Setan Merah itu gagal merebut gelar di Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Prancis.

Disesaki oleh pemain bintang dunia, Belgia yang kini menduduki urutan kedua rangking timnas terbaik versi federasi sepak bola dunia (FIFA), kalah 3-1 dari Wales, tim yang tak diunggulkan di Piala Eropa, di babak perempat final.

"Asosiasi sepak bola kerajaan Belgia telah membuat kesepakatan dengan Marc Wilmots untuk mengakhiri kontraknya yang sedianya selesai pada 2018," demikian bunyi keputusan resmi organisasi tersebut seperti yang dikutip The Guardian Jumat (15/7/2016).

"Komite teknis RBFA telah membuat evaluasi usai turnamen Euro 2016 dan memutuskan bahwa target yang ditetapkan telah gagal dicapai. Karenanya ada keyakinan bahwa tim ini butuh dorongan baru untuk memandu mereka meraih hasil puncak di turnamen akbar," bunyi pernyataan itu lebih lanjut.

Wilmots ditunjuk sebagai pelatih Belgia pada 2012. Ia berhasil mengantarkan Eden Hazard dkk ke perempat final Piala Dunia 2014, sebelum kalah dari Argentina dengan skor 1-0.

Di Piala Eropa yang berakhir pada 10 Juli kemarin, timnas Belgia yang disebut sedang dihuni oleh generasi emas tampil meyakinkan di babak penyisihan dengan keluar sebagai juara Grup B. Sayang mereka kandas di perempat final.