facebook

Legenda AC Milan Ditunjuk Jadi Pelatih Timnas Ukraina

Liberty Jemadu
Mantan penggawa Ukraina, Chelsea, dan AC Milan Andriy Shevchenko [Shuttestock].
Mantan penggawa Ukraina, Chelsea, dan AC Milan Andriy Shevchenko [Shuttestock].

Ukraina tak sekalipun mencetak gol di Piala Eropa 2016.

Suara.com - Legenda AC Milan, Andriy Shechenko ditunjuk menjadi pelatih tim nasional Ukraina pada Jumat (15/7/2016). Ia menggantikan Mykhailo Fomenko yang mengundurkan diri setelah gagal membawa tim itu lolos dari fase grup Piala Eropa 2016 di Prancis.

Eks Striker 39 tahun yang juga pernah membela Chelsea dan Dynamo Kiev itu diperkenalkan oleh presiden federasi sepak bola Ukraina dalam sebuah jumpa pers. Ia diharapkan mampu membawa Ukraina ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Adapun Fomenko mengundurkan diri setelah timnas Ukraina dipaksa pulang kampung lebih cepat dari Prancis. Tak hanya gagal di fase grup, Ukraina yang mengakhiri Euro 2016 di posisi terbawah Grup C juga tak sekalipun mencetak gol di turnamen yang berakhir pada 10 Juli kemarin itu.

Ukraina kalah 2-0 dari Jerman, dipermalukan dengan skor yang sama oleh Irlandia Utara, dan menyerah 1-0 dari Polandia di pertandingan terakhir Grup C.

Shevchenko sendiri sudah bergabung dalam barisan staf pelatih timnas Ukraina di Euro 2016 kemarin. Ia menggantikan asisten pelatih Olexandr Zavarov.

Ia pensiun dari sepak bola setelah Piala Eropa 2013, yang menjadikan Ukraina dan Polandia tuan rumah bersama. Di level klub Shevchenko dikenal penuh prestasi, terutama saat membela Milan. Ia dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia 2004 saat masih membela Milan. (Reuters)