Lima Aplikasi Peta Ini Bisa Jadi Jurus Ampuh Perjalanan Mudik

Mendekati Lebaran, semakin banyak pemudik yang kembali ke kampung halamannya dan membutuhkan aplikasi ini untuk mempermudah.

Rabu, 13 Juni 2018 | 10:56 WIB
Lima Aplikasi Peta Ini Bisa Jadi Jurus Ampuh Perjalanan Mudik
Tampilan aplikasi Google Maps pada telepon seluler pintar. (Shutterstock)

Suara.com - Mudik menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu saat Lebaran tiba. Banyak masyarakat Indonesia berbondong-bondong balik ke kampung halaman dengan menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kereta api, atau bus. Namun, tak sedikit pemudik yang memilih mudik dengan kendaraan pribadi.

Pembangunan infrastruktur pun mengubah peta jalan di Indonesia. Berkat bantuan teknologi, kini pemudik bisa menginstal aplikasi gratis untuk membantu pemudik. Berikut ini lima aplikasi yang dapat mempermudah perjalanan mudik Anda:

1. Google Maps

Aplikasi Google Maps biasanya sudah bawaan dari smartphone dan tak perlu repot-repot menginstal lagi. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana sehingga mudah digunakan.

Google Maps dapat menampilkan rute perjalanan sekaligus kondisi kemacetan jalan beserta estimasi waktu, baik dengan mobil maupun motor. Tak hanya itu, Google Maps juga dapat menampilkan gambar nyata dengan memanfaatkan peta satelit dan bisa menampilkan tempat-tempat umum seperti pom bensin, restoran, supermarket, atau kedai kopi.

Google Maps pun dilengkapi dengan Google Assistant yang dapat memandu jalan tanpa harus melihat peta sehingga pemudik dapat berkonsentrasi mengendarai.

Google Maps di ponsel pintar. [Shutterstock]

suara hati ramadan 1445 H

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TEKNO

TERKINI