Ini Tips Anti Pegal Setelah Seharian Silahturahmi Lebaran

Tak perlu balsam untuk atasi kaki pegal, ikuti saja tips berikut.

Kamis, 14 Juni 2018 | 14:17 WIB
Ini Tips Anti Pegal Setelah Seharian Silahturahmi Lebaran
Ilustrasi kaki pegal. (Shutterstock)

Suara.com - Lebaran identik dengan tradisi sowan ke rumah sanak saudara yang lebih tua, sekadar silaturahmi sekaligus saling bermaaf-maafan. Tapi, saking banyaknya rumah sanak saudara dan sahabat yang harus disinggahi, tak jarang sebagian orang mengalami pegal-pegal di kaki. Dan cara mengatasinya, tak cukup hanya dengan mengoles balsam di malam harinya.

Hal ini dibenarkan oleh Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik Dr. Siti Anissa Nuhonni, SpKFR (K). "Terutama untuk yang sudah tua, kalau jalan jauh yang lama itu bukan hanya masalah lutut dan sendinya saja yang terkena, tapi aliran darahnya jadi kurang bagus sehingga kaki bengkak," ujar dia beberapa waktu lalu.

Itu sebabnya, dokter ini mengimbau agar seseorang menyadari batas kemampuannya sehingga ketika merasa lelah dianjurkan untuk beristirahat terlebih dahulu. Dr. Nuhonni mengatakan salah satu tipsnya adalah meluruskan kaki dengan menyelipkan bantal di bawahnya.

"Obatnya tiduran, kaki diganjal bantal. Telapak kaki digerakkan ke atas, ke bawah. Itu bisa melancarkan aliran darah sehingga rasa capek bisa berkurang," tambah dia.

Selain itu, ia juga mengimbau Anda agar tidak mengenakan alas kaki dengan sol datar, baik itu sepatu flat atau sandal karena tidak menyesuaikan dengan lengkungan di telapak kaki.

Sebaliknya, dr. Nuhonni menyarankan Anda untuk mengenakan sandal atau sepatu yang memiliki bantalan tipis di bagian cekungan telapak kaki. Anda juga boleh menggunakan sepatu yang memiliki hak setidaknya maksimal 3 sentimeter.

"Saya sarankan sepatu yang memiliki lengkungan di bawah telapak agar tidak pegal. Kalau mau ada haknya, boleh maksimal 3 sentimeter," tandasnya.

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

LIFESTYLE

TERKINI