Arus Balik Kendaraan di Tol Cipali Meningkat Tajam

Arus balik kendaraan yang menuju Jakarta melalui Gerbang Tol Palimanan Utama meningkat tajam.

Vania Rossa Suara.Com
Rabu, 20 Juni 2018 | 05:37 WIB
Arus Balik Kendaraan di Tol Cipali Meningkat Tajam
Sejumlah kendaraan tampak masih terjebak macet dalam arus balik lebaran (Idul Fitri) 1439 H di Jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah, pada Minggu (17/6/2018) malam. [Antara/Oky Lukmansyah]

Suara.com - Arus balik kendaraan yang menuju Jakarta melalui Gerbang Tol Palimanan Utama meningkat tajam, Rabu 20/6/2018) dinihari. Hal ini tampak dari antrean kendaraan yang mengular sepanjang dua kilometer lebih di gardu masuk tol Cipali, walaupun petugas sudah membuka sebanyak 20 gardu.

Namun selepas gardu tol, kendaraan bisa melaju dengan bebas dengan dibukanya empat lajur ke arah Jakarta. Rata-rata kendaraan melaju dengan kecepatan antara 80 sampai 100 kilometer per jam.

Sebelumnya, GM Operasional PT Lintas Marga Sedaya, MS Suyitno, menjelaskan bahwa kendaraan yang melintas di Tol Cipali dan masuk dari gerbang tol Palimanan ke arah Jakarta meningkat signifikan rata-rata 3.983 kendaraan per jam sejak Selasa (19/6) malam pukul 22.00 WIB.

Secara kumulatif, jumlah kendaraan yang melintas itu lebih tinggi 12,48 persen dibanding tahun 2017. Demikian seperti dilansir dari Antara.

Jumlah kepadatan itu melonjak dibanding dua jam sebelumnya, di mana rata-rata kendaraan ke arah Jakarta masih sebanyak 3.555 kendaraan per jam.

Sejumlah pemudik mengaku, mereka sengaja memanfaatkan momentum pemberlakuan satu arah di jalan tol dari Brebes sampai Cawang setelah diumumkan secara terbuka melalui media dan Twitter.

"Tadinya kami akan menunda kembali ke Jakarta sampai Kamis, tetapi kebijakan one way ini membuat keputusan untuk balik lebih awal," kata Reza, warga Pondok Gede Jakarta yang berhenti sejenak menjelang gardu Tol Palimanan.

Sebelumnya seorang pemudik asal Serang, Moh Safari, mengaku diuntungkan dengan kebijakan satu arah sehari sebelumnya karena perjalanan dari Cirebon ke Serang, Banten, melalui jalan tol, bisa ditempuh dalam waktu tujuh jam.

"Alhamdulilah, berkat kebijakan satu arah itu, lancar sepanjang tol, kecuali memang di titik-titik rest area," katanya.

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI