Bolehkan Salat Tahajud Dilakukan Setelah Salat Witir Tarawih?

Tapi bagaimana jika salat tahajud dilakukan setelah salat witir?

Kamis, 16 Mei 2019 | 14:30 WIB
Bolehkan Salat Tahajud Dilakukan Setelah Salat Witir Tarawih?
Warga Desa Tambak Beras menjalani ibadah Salat Tarawih meski banjir mengepung masjid akibat meluapnya Kali Lamong di wilayah tersebut, beberapa waktu lalu. [Suara.com/Taufan Kumara]

Suara.com - Salah satu anjuran Nabi Muhammad adalah salat tahajud yang hukumnya sunnah dilakukan. Salat tahajud juga jadi keutamaan.

Tapi bagaimana jika salat tahajud dilakukan setelah salat witir?

Berikut penjelasan Ustaz Ali Zainal Abidin, pengajar di Pondok Pesantren Annuriyah Kaliwining Rambipuji Jember:

Salat tahajud merupakan salah satu salat sunnah yang istiqamah dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, sehingga melaksanakan shalat tahajud sangatlah dianjurkan, bahkan mengenai keutamaan melaksanakan salat tahajud ini, Allah berfirman dalam Al-Qur’an:

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji,” (QS. Al-Isra’t: 79).

Selain itu, salat tahajud merupakan shalat yang memiliki ketentuan khusus, yakni harus dilakukan pada malam hari (setelah melaksanakan shalat Isya’) dan dilaksanakan setelah tidur, meskipun tidur dalam rentang waktu yang sebentar.

Namun demikian, patut dipahami bahwa salat tahajud meskipun dilaksanakan pada malam hari tapi bukan sebagai penutup salat malam. Sebab salat yang dianjurkan untuk menjadi penutup malam hari adalah shalat witir, hal ini seperti yang dijelaskan dalam hadits:

“Jadikan shalatmu yang paling akhir di waktu malam berupa shalat witir,” (HR Bukhari Muslim).

Sedangkan tradisi yang berkembang di Indonesia pada saat bulan Ramadan, seringkali salat witir dilaksanakan langsung setelah melaksanakan salat tarawih, sehingga hal demikian memunculkan problem tersendiri, yakni ketika seseorang ingin melaksanakan salat tahajud sesudah itu.

Bolehkah salat tahajud setelah shalat witir itu dilakukan? Jika diperbolehkan, apakah setelah salat tahajud ia disunnahkan untuk mengulang shalat witirnya lagi, agar salat witir tetap menjadi penutup salat malamnya?

suara hati ramadan 1445 H
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI