Kedelai Bisa Jadi Kunci Puasa Lancar, Ini 4 Manfaatnya

Kunci puasa lancar, coba konsumsi kedelai dengan dapatkan manfaat ini.

Rabu, 22 Mei 2019 | 14:30 WIB
Kedelai Bisa Jadi Kunci Puasa Lancar, Ini 4 Manfaatnya
Ilustrasi kedelai baik dikonsumsi untuk jalankan puasa. (Shutterstock)

Suara.com - Kedelai Bisa Jadi Kunci Puasa Lancar, Ini 4 Manfaatnya.

Memilih makanan yang tepat saat sahur dan berbuka sangat penting saat menjalanan ibadah puasa.

Agar ibadah puasa senantiasa lancar dan bermakna, tubuh memerlukan asupan nutrisi yang terbaik. Karenanya, pilihan makanan ketika buka dan sahur harus diperhatikan.

Salah satu pilihan makanan yang dapat menunjang puasa Anda yaitu kacang kedelai. Kacang bernama latin Glycine max ini adalah salah satu bahan pangan dengan kandungan nutrisi terlengkap.

Makan kacang kedelai di bulan puasa secara rutin akan memberikan Anda sejumlah manfaat berkat nutrisi yang terkandung di dalamnya. Berikut manfaatnya dilansir Hello Sehat:

1. Sumber energi bagi tubuh

Seratus gram kacang kedelai rebus mengandung 189 kkal energi. Energi ini berasal dari 20 gram protein, 8 gram lemak, dan 13 gram karbohidrat. Tubuh Anda membutuhkan ketiga nutrisi penting tersebut untuk membentuk energi dan cadangannya selama berpuasa.

Manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dengan makan olahan kacang kedelai di bulan puasa. Baik itu untuk sahur ataupun berbuka puasa secara rutin. Olahan kacang kedelai yang bisa menjadi pilihan di antaranya tahu, tempe, atau snack kedelai.

2. Sumber protein dan cadangan energi

Ketika Anda berpuasa, tubuh tidak akan mendapatkan asupan karbohidrat sepanjang hari sampai tiba saatnya berbuka puasa. Setelah karbohidrat habis, tubuh menggunakan cadangan energi dari lemak untuk membentuk glukosa. Lambat laun, cadangan lemak juga akan habis sehingga tubuh menggunakan protein dari otot untuk membentuk energi.

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

LIFESTYLE

TERKINI