Persiapan Masak Hidangan Lebaran, Harus Pilih Peralatan Masak yang Sesuai

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Wajan dengan penutup. (Ikea)
Wajan dengan penutup. (Ikea)

Dengan peralatan masak yang tepat, urusan memasak akan jadi lebih praktis dan hasil masakan pun lebih sempurna.

Suara.com - Hidangan Lebaran menjadi bagian terpenting dalam momen spesial Hari Raya Idul Fitri. Tak heran jika sejak jauh-jauh hari, para ibu sudah mempersiapkan berbagai bahan makanan, bumbu, serta perlengkapan masak untuk memasak hidangan Lebaran yang sempurna.

Memanfaatkan momen tersebut, toko perlengkapan rumah asal Swedia, Ikea, mengadirkan solusi dalam memilih peralatan masak untuk semua menu favorit saat Lebaran.

"Menyiapkan masakan Lebaran terkadang dapat sangat melelahkan, namun dengan peralatan masak yang tepat, kita dapat membuatnya jadi lebih mudah dan cepat. Dengan menggunakan peralatan masak Ikea, memasak aneka hidangan mulai dari opor ayam hingga kue bisa menjadi lebih mudah," kata Eliza Fazia, Country Marketing Manager IKEA Indonesia.

Nah, berikut solusi cerdas dari Ikea dalam memilih perlengkapan masak sesuai dengan menu Lebaran favorit Anda.

1. Wajan untuk setiap sajian
Opor dan rendang adalah menu paling favorit saat Idul Fitri. Pilihlah wajan yang terbuat dari alumunium, sehingga bisa menghasilkan panas yang merata sehingga makanan matang dari segala arah.

Tak hanya itu, lapisan anti-lengket juga cukup penting ketika memilih wajan, sehingga memungkinkan Anda untuk menggoreng dengan sedikit minyak tanpa takut makanan menempel pada permukaan wajan.

Sebaiknya pilih juga yang dilengkapi dengan tutup untuk memastikan makanan lebih cepat matang, sehingga dapat menghemat waktu, energi, dan biaya.

2. Panci rebus
Terlalu banyak bahan makanan yang harus direbus? Pilihlah panci yang memungkinkan kita untuk merebus bahan-bahan yang berbeda sekaligus. Saat ini sudah tersedia panci yang gagangnya dapat dilepas, yang memudahkan kita mengangkat sisipan tanpa takut terasa panas. Dengan memasak secara efisien berarti kita dapat menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga.

3. Panci berlapis porselen
Sajian lezat dimulai dari peralatan memasak berkualitas. Panci yang terbuat dari baja berlapis porselen lebih awet dan mudah dibersihkan, serta dapat menghantarkan panas lebih cepat dan merata.

Panci seperti ini cocok untuk memasak menu Lebaran seperti ketupat atau semur daging. Dan bagian terbaiknya adalah, karena materialnya yang terbuat dari baja, Anda dapat menggunakan panci beserta tutupnya pada kompor maupun oven.

4. Loyang kue Lebaran
Perayaan Lebaran tidak lengkap tanpa kue Lebaran. Loyang kue adalah satu yang terpenting. Pilihlah loyang yang terbuat dari aluminium anoda sehingga awet dipakai selama bertahun-tahun. Memanggang kue juga jadi lebih mudah.

Selain itu, sebaiknya pilih loyang yang memiliki lekukan di bagian dasar loyang, yang berfungsi untuk menahan adonan dan mencegah kebocoran pada loyang. Permukaan dasar yang dapat dilepas juga akan memudahkan saat mengeluarkan kue dari loyang, membuat bentuk kue tetap cantik.

5. Panci dua fungsi
Memasak secara efisien adalah kunci utama untuk menyiapkan aneka hidangan. Karenanya pilihlah panci dengan sisipan pengukus, sehingga kita dapat merebus dan mengukus makanan dalam waktu bersamaan.

Cukup letakkan sisipan pengukus di atas panci dan lihat bagaimana peralatan memasak ini dapat membantu. Selain menghabiskan waktu lebih sedikit di dapur, yang lebih penting adalah kita dapat menghemat energi. Pada akhirnya kita dapat menyajikan makanan lebih cepat sebelum semua tamu datang.


Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS