Jangan Kendor, Ini Tips Sehat Setelah Lebaran

Menyantap hidangan Lebaran sarat kalori bila tak diimbangi olahraga, bisa mempengaruhi berat badan dan kesehatan Anda.

Senin, 10 Juni 2019 | 12:00 WIB
Jangan Kendor, Ini Tips Sehat Setelah Lebaran
Ilustrasi diet dan olahraga untuk tubuh sehat dan bugar. (Shutterstock)

Suara.com - Jangan Kendor, Ini Tips Sehat Setelah Lebaran.

Setelah libur panjang Lebaran, makanan santan hingga olahan daging serta camilan kue basah dan kue kering yang sarat kalori menjadi santapan sehari-hari. Bepergian saat libur, dan banyak begadang karena acara kumpul-kumpul juga membuat daya tahan tubuh gampang terserang penyakit. 

Nah, berikut kunci agar daya tahan tubuh kembali fit kembali bekerja serta mendapatkan imun usai libur Lebaran dilansir Hello Sehat:

1. Tingkatkan asupan makanan bergizi

Makanan adalah sumber energi dan nutrisi bagi tubuh. Tidak hanya menjaga organ tubuh agar bekerja secara normal, nutrisi dari makanan, seperti vitamin C, zat besi, dan protein ternyata secara khusus dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut dari berbagai makanan, seperti jeruk, daging merah, telur, ikan, dan sayuran hijau.

2. Minum air putih yang cukup

Tips selanjutnya yang perlu Anda lakukan agar tidak sakit adalah mencukupi kebutuhan air setiap hari. Air tidak hanya meredakan dahaga, tapi juga menjaga kelembapan tubuh dan menjadi komponen utama dari pembentukan plasma darah.

Selain itu, air membantu mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh dan membantu mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan, organ tubuh tidak dapat bekerja dengan efektif, termasuk sistem kekebalan tubuh Anda. Untuk itulah, mencukupi kebutuhan air setiap di musim pancaroba penting untuk mencegah sakit.

Namun, kebutuhan air setiap orang itu berbeda-beda, tergantung dengan usia, kondisi kesehatan, dan aktivitas yang dilakukan. Kisaran banyaknya air yang harus dipenuhi anak-anak dan orang dewasa setiap hari, antara lain 1200 ml hingga 2000 ml atau sekitar 8 gelas sehari.

3. Cukup tidur

Jika nutrisi dan air sudah tercukupi, maka Anda harus sempurnakan dengan tidur cukup. Tidur merupakan waktu bagi organ tubuh Anda untuk beristirahat. Jika Anda sering begadang dan kurang tidur, organ tubuh akan kelelahan. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh akan melemah dan membuat Anda jatuh sakit di musim pancaroba.

Cobalah untuk mengatur kembali jam tidur dan bangun Anda. Hindari aktivitas yang bisa mengganggu tidur, seperti main ponsel, baca bukan, atau makan.

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

HEALTH

TERKINI