Berat Badan Naik Rata-Rata 6 Kilogram Usai Lebaran, Kamu Termasuk?

Sebuah surveu terkini menemukan penyebab mengapa berat badan bisa naik 6 kilogram usai Lebaran.

Kamis, 13 Juni 2019 | 19:30 WIB
Berat Badan Naik Rata-Rata 6 Kilogram Usai Lebaran, Kamu Termasuk?
Ilustrasi berat badan naik sebanyak 6 kilogram. (sumber: Shutterstock)

Suara.com - Berat Badan Naik Rata-Rata 6 Kilogram Usai Lebaran, Kamu Termasuk?

Momen puasa dan lebaran sudah usai digelar. Setelah sebulan menahan diri dari lapar dan haus selama belasan jam setiap harinya, maka sebagian besar umat muslim kembali ke kebiasaannya.

Nah, ternyata sebuah survei yang dilakukan Herbalife Nutrition bertajuk Holiday Eating Survey pada April 2019  menemukan adanya kenaikan berat badan responden di 11 negara yang disurvei.

Survei ini mengungkapkan bahwa berat badan konsumen di 11 negara Asia Pasifik, termasuk Indonesia bertambah rata-rata enam kilogram pada akhir bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Ini merupakan jumlah kenaikan berat badan tertinggi yang dialami oleh konsumen dibandingkan dengan musim perayaan lainnya termasuk Deepavali, Natal dan Tahun Baru.

Disampaikan Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi, survei ini melibatkan 5.500 responden di 11 negara Asia Pasifik antara lain Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Khusus untuk di Indonesia, delapan dari 10 konsumen yang disurvei atau sekitar 83 persen mengakui mereka cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan selama Ramadan dan Hari Raya Puasa Idul Fitri dibanding hari biasa.

"Konsumen di Asia Pasifik termasuk di Indonesia memperoleh tambahan berat badan rata-rata enam kilogram setelah Hari Raya, sangat penting bagi kita untuk mempertahankan kebiasaan gaya hidup sehat, termasuk membuat keputusan makanan yang lebih baik dan dipadu dengan aktivitas fisik, untuk memudahkan manajemen berat badan dan memperoleh kesejahteraan," ujar Andam Dewi dalam keterangan resmi yang diterima Suara.com, Kamis (13/6/2019).

Selain itu, Andam menambahkan 66 persen responden Indonesia mengakui mereka mengonsumsi makanan yang kurang sehat usai lebaran. Beberapa alasan utamanya antara lain sekitar 62 persen responden mengaku menikmati makanan enak selama liburan, 56 persen responden fokus untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan 55 persen mengaku teman dan keluarga menjadi alasan mereka mengonsumsi makanan kurang sehat pasca lebaran.

Tak hanya pola makan, survei ini juga mencatat bahwa masyarakat Indonesia cenderung kurang menjalani aktivitas fisik selama ramadan dan Idul Fitri. Sekitar 75 persen mengaku kurang olahraga dan 66 persen mengaku sengaja menunda olahraga hingga lebaran usai.

Itu sebabnya setelah Ramadan dan Idul Fitri, menurunkan berat badan menjadi agenda utama responden Indonesia. Survei menyebut rata-rata, orang Indonesia menghabiskan 11 hari untuk menurunkan berat badan yang mereka peroleh setelah perayaan, dan 55 persen dari responden mengaku berhasil melakukannya.

Meskipun sebagian besar berhasil menurunkan berat badan, hampir empat dari 10 (37 persen) konsumen Indonesia tidak berhasil menurunkan berat badan seperti mereka harapkan. Hal ini menunjukkan bahwa mempertahankan kebiasaan gaya hidup sehat sepanjang Ramadan dan Idul Fitri bisa menjadi cara yang lebih baik untuk menjaga dan menjaga kesehatan secara menyeluruh secara jangka panjang.

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

HEALTH

TERKINI