Bacaan Latin Niat Salat Idul Fitri untuk Makmum Lengkap dengan Artinya

Pagi ini umat Muslim akan melaksanakan salat Idul Fitri atau salat Id.

Eko Faizin
Senin, 02 Mei 2022 | 05:49 WIB
Bacaan Latin Niat Salat Idul Fitri untuk Makmum Lengkap dengan Artinya
Ilustrasi Salat Idul Fitri. [Pexels]

SuaraBatam.id - Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah jatuh pada hari ini Senin (2/5/2022). Segenap umat Islam menyambut haru dan suka cita.

Selain takbir berkumandang, pagi ini umat Muslim akan melaksanakan salat Idul Fitri atau salat Id.

Salat Id merupakan sunah yang dilakukan setahun sekali tersebut dianjurkan untuk dilaksanakan berjamaah.

Lantaran setahun sekali, terkadang kita lupa. Nah, berikut ini lafal niat salat Idul Fitri untuk makmum mengutip laman NUOnline.

Berikut ini lafal niat salat Idul Fitri untuk makmum.

Ushalli sunnatan li Idil Fitri rak‘atayni mustaqbilal qiblati ad’an ma’mman lillhi ta‘l.

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah Idul Fitri dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT.”

Lafal niat shalat ini dikutip dari pelbagai sumber, yaitu Kitab Irsyadul Anam karya Sayyid Utsman bin Yahya (1822 M-1913 M) dan Perukunan Melayu dengan penyesuaian sejumlah redaksional.

Perihal Hukum Salat Idul Fitri Sendirian
Adapun berikut ini adalah pandangan mazhab Syafi’i perihal pelaksanaan salat Idul Fitri. Pandangan mazhab Syafi’i ini dikutip dari Kitab Nihayatuz Zein karya Syekh M Nawawi Banten.

Artinya, “Jenis kedua dari shalat sunnah yang ditentukan waktunya adalah shalat yang dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah adalah (shalat dua Id, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha). Shalat Id disyariatkan khusus untuk umat Nabi Muhammad SAW,” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2002 M/1422 H], halaman 106).

Lafal niat salat Idul Fitri dibaca sebelum takbiratul ihram. Semoga lafal niat salat Idul Fitri membantu kekhusyukan kita dalam menata niat salat Idul Fitri di dalam hati.

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

News

Terkini