Amalan Bulan Syawal Selain Puasa, Salah Satunya Bisa Dilakukan bagi Wanita Haid

Bulan Syawal adalah salah satu bulan yang diistimewakan dalam kalender Islam. Ada banyak amalan bulan syawal yang dianjurkan untuk dilakukan umat muslim

Rifan Aditya Suara.Com
Selasa, 03 Mei 2022 | 21:30 WIB
Amalan Bulan Syawal Selain Puasa, Salah Satunya Bisa Dilakukan bagi Wanita Haid
Ilustrasi amalan bulan syawal (freepik)

Suara.com - Bulan Syawal adalah salah satu bulan yang diistimewakan dalam kalender Islam. Pada bulan tersebut, umat muslim dianjurkan memperbanyak melakukan amal ibadah. Lantas, apa saja amalan bulan Syawal? Yuk simak penjelasannya berikut ini 

Diketahui, ada banyak amalan bulan Syawal yang bisa dilakukan, yang mana jika dikerjakan akan memperoleh pahala melimpah. Seperti yang diketahui juga bahwa bulan Syawal disebut sebagai penyempurna ibadah bulan Ramadhan. 

Oleh karena itu, amalan di bulan Ramadan tak hanya berakhir saat lebaran tiba, namun juga ditingkatkan lagi dengan menjalankan amalan ibadah di bulan Syawal. Adapun beberapa amalan bulan Syawal yakni sebagai berikut:

1. Puasa 6 Hari

Puasa 6 hari di bulan Syawal salah satu amalan sunah dengan pahala yang melimpah. Biasanya, amalan ini dilakukan pad hari kedua di Bulan Syawal hingga hari berikutnya selama 6 hari.

Puasa Syawal 6 hari ini menjadi pelengkap dan penyempurna puasa Ramadan. Puasa 6 hari ini juga dapat dilakukan pada minggu ke-2 Bulan Syawal.

2. Silaturahmi

Amalan sunah berikutnya yang dapat dilakukan di bulan Syawal yakni Silaturahmi. Silaturahmi salah satu ibadah yang memang sering dilakukan dan menjadi semacam tradisi di bulan Syawal atau saat lebaran.

Silaturahmi ini biasanya dilakukan dengan saling memaafkan baik sesama anggota keluarga, rekan kerja maupun teman. Itulah mengapa bulan Syawal ini menjadi bulan yang penuh berkah. Amalan bulan Syawal ini dapat dilakukan oleh wanita meskipun sedang haid.

3. Puasa Senin Kamis

Puasa Senin dan Kamis salah satu amalan bulan Syawal yang juga dianjurkan dilakukan umat muslim selain puasa 6 hari. Perlu diketahui, puasa sunah ini lebih baik dikerjakan setelah lunas membayar utang puasa Ramadan.

4. I’tikaf

I’tikaf (berdiam diri di masjid) salah satu amalan ibadah yang dianjurkan di Bulan Syawal. I’tikaf biasanya dilakukan dengan berzikir, menunaikan shalat 5 waktu, salat sunah, dan membaca Al-Quran.

I’tikaf dapat dilakukan pada Bulan Syawal, jika saat bulan Ramadan tak sempat melaksanakannya. Jadi amalan ibadah di Bulan Syawal berikutnya yaitu sebagai waktu  pengganti  I’tikaf yang terlewatkan atau tak sempat dilakukan saat bulan Ramadan.

Demikian informasi mengenai beberapa amalan bulan Syawal yang bisa dilakukan umat Muslim. Selain amalan di atas, amalan lainnya yang bisa dilakukan di bulan Syawal yakni mengaji, berdzikir, dan menikah. Bagi yang menjalankan amalan-amalan ini akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Kontributor : Ulil Azmi

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI