5 Jalan Alternatif ke Puncak untuk Motor dan Mobil, Antisipasi Macet Libur Lebaran 2022

Sedang mencari jalan alternatif ke Puncak tanpa macet? Simak rekomendasinya di sini!

Rifan Aditya Suara.Com
Jum'at, 06 Mei 2022 | 07:28 WIB
5 Jalan Alternatif ke Puncak untuk Motor dan Mobil, Antisipasi Macet Libur Lebaran 2022
5 Jalan Alternatif ke Puncak untuk Motor dan Mobil, Antisipasi Macet Libur Lebaran 2022 - Sejumlah kendaraan memadati Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/5/2022). ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Suara.com - Puncak hingga saat ini masih menjadi tujuan wisata yang seru apalagi sekarang sedang libur lebaran 2022. Sialnya, hampir semua warga ibukota berpikir demikian, sehingga arus kendaraan menuju lokasi tersebut sering mengalami kemacetan. Nah berikut disajikan jalan alternatif ke Puncak baik untuk motor dan mobil.

Beberapa jalan alternatif ke Puncak ini mungkin ada yang berjarak lebih jauh daripada jalur utama. Namun jalur ini bisa jadi opsi ketika Anda ingin ke Puncak Bogor tapi perlu menghindari jalur utama yang sering mengalami kemacetan.

Jalan Alternatif ke Puncak

1. Cigombong/Caringin - Cipaku kota Bogor

Rute ini bisa digunakan dengan titik awal di Cigombong atau Caringin, kemudian langsung menuju ke Cipaku kota Bogor. Anda yang berada di wilayah Sukabumi bisa langsung menggunakan jalan ini, dan kemungkinan besar terhindar dari kemacetan.

2. Jatiwangi - Bendungan - Ciawi

Rute alternatif selanjutnya adalah Jatiwangi - Bendungan - Ciawi yang bisa digunakan. Jalur ini bisa ditempuh dengan jarak 13 kilometer, dan menjadi opsi menarik karena lebar jalan mencapai 6 meter.

3. Cilember - Jogjogan - Ciburial

Jalur ketiga ini adalah jalur alternatif mudik wisata area Puncak. Jarak tempuhnya cukup singkat, hanya 8 kilometer saja.

4. Cileungsi - Jonggol - Cariu

Jalur selanjutnya yang bisa digunakan adalah rute Cileungsi - Jonggol - Cariu. Rute ini tergolong cukup panjang dengan jarak sekitar 55 kilometer. Namun demikian jalan yang lebar, hampir 8 meter, menjadikan rute ini cukup diminati.

5. Tol Sentul Selatan - Babakan Madang - Pasir Angin

Rute ini hanya bisa digunakan oleh pengendara mobil, karena menggunakan fasilitas jalan tol. Jarak tempuhnya sekitar 20 kilometer dan lebar jalan 6 meter.

Modifikasi Arus Lalu Lintas dan Keselamatan Berkendara

Untuk jalur arah ke Puncak sendiri, karena sering mengalami kemacetan, maka sering dilakukan modifikasi arus lalu lintas. Biasanya modifikasi yang dilakukan adalah sistem buka tutup, atau sistem satu arah.

Hal ini selain untuk mengurangi kepadatan kendaraan juga agar dapat menunjang keselamatan berkendara. Idealnya, semakin nyaman seorang berkendara maka semakin tinggi pula tingkat keselamatan yang dimiliki pengendara tersebut.

Semoga informasi mengenai jalan alternatif ke Puncak ini bisa berguna untuk Anda, dan selamat merencanakan agenda liburan lebaran yang akan dilakukan. Sehat selalu!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI