facebook

Apa Saja Keutamaan Puasa Syawal? Hanya 6 Hari Puasa Tapi Pahalanya Setara Setahun Penuh

Rifan Aditya
Apa Saja Keutamaan Puasa Syawal? Hanya 6 Hari Puasa Tapi Pahalanya Setara Setahun Penuh - Ilustrasi puasa, keutamaan puasa Syawal (Freepik)
Apa Saja Keutamaan Puasa Syawal? Hanya 6 Hari Puasa Tapi Pahalanya Setara Setahun Penuh - Ilustrasi puasa, keutamaan puasa Syawal (Freepik)

Meskipun bukan merupakan amalan ibadah wajib seperti puasa Ramadhan, namun keutamaan puasa Syawal dapat menyempurnakan puasa Ramadhan yang sudah ditunaikan sebulan penuh.

Suara.com - Setelah bulan Ramadhan selesai, umat Islam disunnahkan untuk melaksanakan puasa Syawal. Sebenarnya apa saja keutamaan puasa Syawal?

Meskipun hukumnya sunnah, namun keutamaan puasa Syawal begitu berlimpah.  Di tahun 2022, puasa Syawal dapat dimulai pada tanggal 2 Syawal 1443 Hijriah atau pada hari Selasa, 3 Mei 2022.

Ibadah sunnah puasa Syawal dapat dilakukan selama enam hari berturut-turut. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadist:

"Barang siapa berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka ia berpuasa seperti setahun penuh", (HR Muslim).

Baca Juga: Apa Itu Lebaran Ketupat? Ini Asal-Usul Tradisi Setelah Lebaran Idul Fitri

Dengan melaksanakan puasa Syawal secara berurutan, maka akan terasa jauh lebih mudah. Hal ini juga bertujuan demi menjaga momentum keimanan kita dalam level terbaik. Tidak jarang jika dilakukan tidak secara berurutan juga akan menimbulkan keengganan untuk melakukannya.

Selain itu, menjalankan puasa Syawal secara berurutan juga bisa menjadi tanda kita sedang berlomba-lomba dalam hal kebaikan yang diperintahkan.

Syaikh Ibnu ‘Utsaimin berkata: “Lebih utama puasa Syawal dilakukan secara berurutan karena itulah yang umumnya lebih mudah. Itu juga tanda berlomba-lomba dalam hal yang diperintahkan".

Meski begitu, umat Islam juga diperbolehkan untuk berpuasa selama enam hari meskipun tidak berurutan namun masih tetap masuk di bulan Syawal agar tidak terlalu berat. 

Bacaan Niat Puasa Syawal

Baca Juga: Mana yang Didahulukan Puasa Syawal atau Mengganti Puasa Ramadhan? Ini Penjelasannya!

Berikut ini adalah bacaan niat puasa Syawal, lengkap dengan artinya yang perlu diketahui: