Apa Saja Keutamaan Puasa Syawal? Hanya 6 Hari Puasa Tapi Pahalanya Setara Setahun Penuh

Meskipun bukan merupakan amalan ibadah wajib seperti puasa Ramadhan, namun keutamaan puasa Syawal dapat menyempurnakan puasa Ramadhan yang sudah ditunaikan sebulan penuh.

Rifan Aditya Suara.Com
Jum'at, 06 Mei 2022 | 13:00 WIB
Apa Saja Keutamaan Puasa Syawal? Hanya 6 Hari Puasa Tapi Pahalanya Setara Setahun Penuh
Apa Saja Keutamaan Puasa Syawal? Hanya 6 Hari Puasa Tapi Pahalanya Setara Setahun Penuh - Ilustrasi puasa, keutamaan puasa Syawal (Freepik)

Suara.com - Setelah bulan Ramadhan selesai, umat Islam disunnahkan untuk melaksanakan puasa Syawal. Sebenarnya apa saja keutamaan puasa Syawal?

Meskipun hukumnya sunnah, namun keutamaan puasa Syawal begitu berlimpah.  Di tahun 2022, puasa Syawal dapat dimulai pada tanggal 2 Syawal 1443 Hijriah atau pada hari Selasa, 3 Mei 2022.

Ibadah sunnah puasa Syawal dapat dilakukan selama enam hari berturut-turut. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadist:

"Barang siapa berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka ia berpuasa seperti setahun penuh", (HR Muslim).

Dengan melaksanakan puasa Syawal secara berurutan, maka akan terasa jauh lebih mudah. Hal ini juga bertujuan demi menjaga momentum keimanan kita dalam level terbaik. Tidak jarang jika dilakukan tidak secara berurutan juga akan menimbulkan keengganan untuk melakukannya.

Selain itu, menjalankan puasa Syawal secara berurutan juga bisa menjadi tanda kita sedang berlomba-lomba dalam hal kebaikan yang diperintahkan.

Syaikh Ibnu ‘Utsaimin berkata: “Lebih utama puasa Syawal dilakukan secara berurutan karena itulah yang umumnya lebih mudah. Itu juga tanda berlomba-lomba dalam hal yang diperintahkan".

Meski begitu, umat Islam juga diperbolehkan untuk berpuasa selama enam hari meskipun tidak berurutan namun masih tetap masuk di bulan Syawal agar tidak terlalu berat. 

Bacaan Niat Puasa Syawal

Berikut ini adalah bacaan niat puasa Syawal, lengkap dengan artinya yang perlu diketahui:

"Nawaitu shouma ghodin 'an sittatin min syawwaalinn sunnatan lillaahi ta'aalaa".

Artinya: "Aku berniat puasa besok dari enam hari Syawal, sunnah karena Allah Ta'ala".

Keutamaan Puasa Syawal

Meskipun bukan merupakan amalan ibadah wajib seperti puasa Ramadhan, namun keutamaan puasa Syawal dapat menyempurnakan puasa Ramadhan yang sudah ditunaikan sebulan penuh.

Bahkan keutamaan puasa Syawal bernilai lebih dari itu, yaitu dianggap sebagai puasa setahun penuh dan pahala yang didapat lebih berlipat ganda. Berikut ini adalah keutamaan puasa Syawal selengkapnya:

1. Seperti Puasa Selama Setahun Penuh

Keutamaan pahala dari puasa Syawal disebutkan dalam hadits: "Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka baginya (pahala) puasa selama setahun penuh", (HR Muslim).

Selain itu, Ibnu Majah juga meriwayatkan hadits serupa tentang ganjaran pahala dari puasa Syawal yang artinya: "Seperti diceritakan dari Muhammad bin Ibrahim, Usamah bin Zaid terbiasa puasa di bulan-bulan suci. Rasulullah SAW kemudian berkata, 'Puasalah di Bulan Syawal', lalu dia melaksanakan puasa tersebut hingga akhir hayat", (HR Sunan Ibnu Majah).

2. Pahala yang Dilipatgandakan

Pahala anda akan dilipatgandakan adalah keutamaan puasa Syawal yang kedua. Allah SWT juga telah menetapkan perhitungan pahala yang berbeda untuk puasa Syawal.

Hitungan pahala puasa Syawal dilipatgandakan, seperti disebutkan di dalam hadits Ibnu Majah sebagai berikut:

"Seperti dinarasikan dari Thawban, seorang budak yang dibebaskan Rasulullah, Nabi SAW berkata, "Siapa saja yang puasa enam hari setelah Idul Fitri akan berpuasa selama satu tahun tersebut, dengan satu kebaikan dihargai 10 kebaikan serupa".

3. Menjaga Istiqomah

Puasa Syawal 6 hari juga bisa dijadikan upaya umat Islam untuk tetap istiqomah setelah melaksanakan puasa Ramadhan selama sebulan penuh. Ustadz Abdul Somad menjelaskan bahwa Puasa Syawal bisa menjaga nilai-nilai selama Ramadan.

Terlepas dari keutamaan puasa Syawal, umat Islam juga harus memerhatikan betul waktu menunaikannya agar tidak menjadi sia-sia. Menjalankan puasa Syawal sebaiknya dilaksanakan setelah mengqadha puasa Ramadhan yang belum sempat ditunaikan.

Mengqadha puasa Ramadhan akan membuat kewajiban seorang muslim menjadi gugur. Bahkan puasa qadha tersebut lebih utama dari puasa enam hari Syawal.

Itulah penjelasan beberapa keutamaan puasa Syawal yang perlu anda ketahui. Salah satunya bisa mendapatkan pahala seperti puasa setahun penuh.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

suara hati ramadan 1445 H
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI