Sampai Kapan Batas Waktu Puasa Syawal? Ketahui Pula 10 Keutamaannya

Penting bagi umat Islam mengetahui batas puasa Syawal yang tepat sebelum terlewat.Lantas sampai kapan batas waktu puasa Syawal? Ketahui jawabannya pada artikel berikut ini.

Rifan Aditya Suara.Com
Jum'at, 20 Mei 2022 | 10:04 WIB
Sampai Kapan Batas Waktu Puasa Syawal? Ketahui Pula 10 Keutamaannya
Ilustrasi Puasa - Sampai Kapan Batas Waktu Puasa Syawal? (Pixabay)

Suara.com - Umat Islam masih berada di bulan Syawal yang artinya mereka masih boleh menjalankan puasa Syawal. Namun penting bagi mereka untuk mengetahui sampai kapan batas waktu puasa Syawal yang tepat sebelum terlewat.

Untuk tahu sampai kapan batas waktu puasa Syawal tentu Anda perlu paham penanggalan kalender Hijriah. Ketahui jawabannya pada artikel berikut ini. 

Puasa Syawal merupakan puasa sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan setelah umat muslim menjalankan puasa di bulan Ramadhan. Waktu pengerjaan puasa Syawal disunnahkan selama 6 hari berturut-turut, namun jika tidak berurutan juga tidak masalah. 

Hal ini sesuai dengan hadist Nabi yang artinya: 

Artinya: Abu Ayyub al-Ansari (semoga Allah SWT ridho atasnya) melaporkan Rasulullah SAW berkata, "Dia yang berpuasa selama Ramadhan dan melanjutkannya dengan enam hari puasa saat bulan Syawal akan seperti melakukan puasa terus-menerus." (HR Muslim). 

Meski dikerjakan di bulan Syawal, namun umat muslim dilarang mengerjakan pada tanggal 1 Syawal bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri yang menjadi salah satu hari yang diharamkan untuk berpuasa. Mereka yang hendak berpuasa dianjurkan untuk memulai pada tanggal 2 Syawal atau hari setelah Idul Fitri. Pengharaman Hari Raya Idul Fitri untuk berpuasa ini sesuai dengan hadist yang artinya: 

Artinya: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang berpuasa pada dua hari yaitu Idul Fitri dan Idul Adha." (HR. Muslim). 

Lalu Sampai Kapan Batas Waktu Puasa Syawal

Puasa Syawal mulai dapat dikerjakan pada tanggal 2 Syawal selama 6 hari. Artinya, batas puasa Syawal yaitu sampai akhir bulan Syawal atau tanggal 30 Syawal 1443 H. 

Berdasarkan konversi sistem penanggalan Hijriah yang menjadi penanggalan Masehi dari situs Lembaga Falakiyah PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama), batas puasa Syawal 2022 jatuh pada tanggal 31 Mei 2022 dalam kalender Masehi. 

Dalam pengerjaan puasa Syawal selama enam hari tersebut, memiliki perbedaan pandangan antara dua imam besar Mahzab. Menurut mazhab Syafi'i dan Hambali, puasa Syawal sebailnya dikerjakan selama enam hari berturut-turut. 

Sedangkan menurut imam Hanafi dan Maliki berpendapat puasa Syawal lebih baik dikerjakan secara terpisah selama di bulan Syawal. 

Hari Jumat (20/5/2022) sudah memasuki hari ke 19 di bulan Syawal. Artinya masih ada 11 hari lagi yang menjadi kesempatan bagi umat Islam untuk menjalankan puasa Syawal. Puasa ini dianjurkan untuk dikerjakan karena menjadi amalan rutin yang dikerjakan Rasulullah selama beliau masih hidup. Sehingga tentu banyak sekali keutamaan di dalamnya. 

Keutamaan Puasa Syawal 

Berikut ini beberapa keutamaan puasa Syawal bagi umat Islam 

  1. Pahala puasa Syawal setara dengan puasa satu tahun penuh. 
  2. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allaj SWT. 
  3. Menjadi penyempurna ibadah puasa selama bulan Ramadhan. 
  4. Menkadikan kita sebagai orang yang ikhlas dan gemar menjalankan ibadah sunnah. 
  5. Mengikuti sunnah Rasul sebagai sarana bahwa kita termasuk umatnya yang taat. 
  6. Melatih kesabaran 
  7. Meningkatkan amal ibadah 
  8. Benteng dari api neraka 
  9. Menjaga hawa nafsu 
  10. Menjauhkan dari golongan setan 

Demikian tadi informasi mengenai sampai kapan batas waktu puasa Syawal? Serta 10 keutamaan puasa Syawal bagi umat Islam. Semoga menjawab rasa penasaran Anda!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

suara hati ramadan 1445 H
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI