Bacaan Doa Halal Bihalal yang Perlu Diperhatikan saat Silaturahmi Keluarga dan Teman Pasca Lebaran

Kiai Wahab Chasbullah menyebutkan bahwa halal bihalal bukan hanya untuk saling memaafkan, tapi juga menciptakan persatuan anak bangsa. Bagaimana doa halal bihalal itu?

Rifan Aditya Suara.Com
Senin, 23 Mei 2022 | 14:19 WIB
Bacaan Doa Halal Bihalal yang Perlu Diperhatikan saat Silaturahmi Keluarga dan Teman Pasca Lebaran
Ilustrasi halal bihalal, silaturahmi, doa halal bihalal (Freepik)

Suara.com - Saat menggelar acara halal bihalal pasca lebaran, biasanya apa saja yang dilakukan? Selain bermaaf-maafan dan menyantap berbagai hidangan khas Lebaran, ternyata membaca doa halal bihalal juga perlu dilakukan.

Sedikitnya, ada tiga versi doa halal bihalal yang perlu Anda ketahui. Ada bacaan doa halal bihalal pendek dan singkat hingga yang lengkap. 

Mengutip situs resmi NU online, Kiai Wahab Chasbullah menyebutkan bahwa halal bihalal bukan hanya untuk saling memaafkan, tapi juga menciptakan persatuan di antara anak bangsa sehingga tercipta peneguhan negara. 

1. Doa Halal Bihalal Pertama

"Rabbanaa taqabbal minnaa shalatanaa wa du’aanaa innaka antas samii’ul ‘aliim. Taqabbal minnaa taubatanaa innaka antat tawwabur rahiim".

Artinya: "Ya Tuhan kami terimalah shalat kami dan terimalah permohonan kami. Sungguh Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Terimalah taubat kami sungguh Engkau Maha peserta taubat serta Maha Penyayang".

2. Doa Halal Bihalal Kedua

Bacaan latin doa halal bihalal yang kedua adalah: 

"Allahummaghfir lil mukminiina wal mukminaat wal muslimiinaa wal muslimaat al-ahyaa-i minhum wal amwaat. Innaka samii’un qariibun mujiibud da’wat yaa qadhiyal hajat".

Artinya: "Ya Allah, muliakanlah agama-Mu jadikanlah Islam menjadi jalan keluar bagi bangsa kami. Jadikanlah para ulamanya bersatu, yaitu para ulama yang menjadi pola bagi umat Rasul-Mu. Lindungilah umat Islam dari perpecahan, lindungi mereka dari kehinaan. Berkahilah hari ini dan berkahi pula bagi siapapun yang bermunajat mengiba pada-Mu".

3. Doa Halal Bihalal Ketiga

"Taqabbalallahu minna wa minkum". 

Artinya: "Semoga Allah SWT mendapatkan (puasa dan amal) dari kita dan (puasa dan amal) dari kalian.

Doa halal bihalal di atas bukanlah ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri, namun sebuah doa yang meminta agar umat muslim kembali fitrah setelah sebulan lamanya berpuasa. Dengan mendoakan sesama muslim di hari yang fitri itu, maka akan lebih mempererat silaturahmi antar sesama.

Acara halal bihalal memang menjadi salah satu acara yang paling banyak diadakan saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Selain sebagai wadah silaturahmi, halal bihalal juga dimaksudkan untuk bertemu dan saling memaafkan ke sesama. Namun, jangan melewatkan untuk membaca doa halal bihalal seperti yang telah disebutkan di atas, ya! 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI