Kata Jemaah soal Ibadah Haji 2022: Reguler Tapi Layanan dan Fasilitas Plus

Haji tahun ini rasanya plus plus plus. Ini plusnya tiga kali lho ya, kata seorang jemaah haji Indonesia.

Sabtu, 16 Juli 2022 | 12:20 WIB
Kata Jemaah soal Ibadah Haji 2022: Reguler Tapi Layanan dan Fasilitas Plus
Ilustrasi haji. (Pixabay/dinar_aulia)

Suara.com - Sejumlah jemaah Indonesia memuji layanan dalam penyelenggaraan ibadah haji 2022. Bahkan, ada yang menyebut haji tahun ini reguler tapi dengan kualitas haji khusus.

Musyafak, misalnya. Jemaah yang berprofesi sebagai guru ini mengaku haji tahun ini rasanya plus. Mereka membayar untuk haji reguler tapi mendapatkan layanan dan fasilitas khusus.

“Haji tahun ini rasanya plus plus plus. Ini plusnya tiga kali lho ya,” kata Musyafak saat ditemui di Hotel Al Kiswan, Jarwal, Makkah, Arab Saudi, Kamis (14/7/2022).

Hal senada disampaikan jemaah haji asal Kabupaten Fak-Fak, Syamsudi Baraweri. Dia mengaku puas dengan apa yang telah pemerintah berikan kepada jemaah.

“Alhamdulillah baik, dan kami puas. Alhamdulillah sampai saat ini, kami Tawaf Ifadah usai dari Mina, tidak ada halangan,” kata Syamsuddin di Masjidil Haram usai Tawaf Ifadah.

Sueba Rimosa, jemaah asal Fak-Fak, juga punya kesan sendiri, terutama makanan yang disajikan. Sebab, PPIH menyediakan menu ikan yang menjadi kebiasaannya saat di kampung halamannya.

“Senang, baik, makanannya baik, kami dijamin semua. Pelayanannya juga baik, ikan, kami cocok. Ada ikan lagi,” kata Sueba Rimosa dengan logat khas Papuanya.

Sementara menurut Siti Saudah, jemaah asal Jawa Tengah, pelaksanaan haji tahun ini benar benar spesial. Apalagi, biaya yang seharusnya naik tidak dibebankan kepada para jamaah. Jemaah juga merasa dimanjakan dengan akomodasi setaraf minimal hotel berbintang tiga.

“Jemaah juga dimanja dengan katering ala daerah asal, selama tiga kali sehari. Juga tersedianya angkutan bus sholawat dari maktab ke Masjidil Haram sangat memadai,” kata jemaah asal Jepara ini.

Selain bersyukur, Saudah berterima kasih kepada pemerintah yang telah berusaha meningkatkan pelayanan jamaah haji Indonesia.

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI