7 Rekomendasi Menu Sahur Sehat dan Mudah Dibuat

Jangan khawatir, menu sahur sehat tetap bisa dibuat dengan praktis kok! Ini dia pilihan menunya!

Rifan Aditya Suara.Com
Rabu, 08 Maret 2023 | 12:48 WIB
7 Rekomendasi Menu Sahur Sehat dan Mudah Dibuat
telur dan roti - menu sahur sehat (Jane Doan/pexels)

Suara.com - Meski waktunya relatif singkat, Anda sebaiknya tetap menyiapkan menu sahur sehat untuk keluarga. Sebab, nutrisi saat sahur akan digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh seharian.

Masih bingung cara menyiapkan menu sahur sehat untuk bulan Ramadhan? Simak daftar menu sahur yang sehat dan mudah dibuat berikut ini.

Menu sahur sehat

Mempersiapkan menu makan sehat tidak selalu memakan waktu yang banyak. Anda bahkan bisa menggunakan bahan-bahan sederhana seperti telur untuk menyiapkan sahur.

Berikut adalah beberapa rekomendasi menu sahur sehat yang bisa Anda coba.

1. Telur

Melansir dari laman Food NDTV, dengan kandungan protein yang dimilikinya, telur bisa menjadi salah satu cara mudah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat sahur.

Anda bisa mengolah sahur dengan sayur-sayuran atau bahkan menggunakannya sebagai isian roti.

Jika ingin lebih praktis, Anda bisa merebus telur sejak malam hari dan menggunakannya sebagai lauk saat sahur.

2. Buah-buahan

Saat sahur, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda. Selain dengan minum yang cukup, Anda juga bisa melakukannya dengan memperbanyak konsumsi buah yang kaya akan air seperti semangka atau pir.

Selain itu, buah-buahan juga mengandung serat yang cukup tinggi. Serat akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

3. Ikan/ayam

Siapa yang tidak suka ikan atau ayam? Lauk satu ini bisa menjadi salah satu menu sahur sehat juga loh. Namun usahakan untuk tidak menggorengnya. Sebab, gorengan bisa menyebabkan kembung dan membuat Anda cepat haus.

Sebagai gantinya, Anda bisa memasak ikan atau ayam menjadi sup. Jika tidak memiliki waktu, Anda bisa menggunakan ikan sarden dalam kemasan.

4. Kurma

Tidak hanya saat berbuka, kurma juga bisa dijadikan andalan saat sahur. Anda bisa mengonsumsi kurma secara langsung atau mencampurkannya dengan oatmeal.

Anda juga bisa membuat kurma menjadi air nabeez. Caranya, rendam 3–5 buah kurma di malam hari sebelum tidur lalu minum saat Anda sahur.

5. Sayuran

Menu sahur sehat selanjutnya tentu saja sayuran. Selain mengandung bermacam nutrisi, beberapa jenis sayur seperti seledri, bayam, dan wortel juga tinggi akan cairan.

Namun, pastikan Anda tidak mengolah sayuran secara berlebihan supaya nutrisinya tetap terjaga. Anda bisa membuat sayur menjadi sop atau salad sebagai pendamping makanan utama.

6. Yogurt

Manis dan menyegarkan, begitulah gambaran yoghurt yang bisa Anda santap saat sahur. Namun usahakan untuk tidak mengonsumsi yoghurt saja. Anda bisa memadukan yoghurt dengan buah-buahan atau sayuran.

Selain itu, usahakan untuk memilih jenis yoghurt plain supaya tidak terlalu banyak gula dalam tubuh.

7. Kacang-kacangan

Tidak hanya sebagai camilan, Anda juga bisa menjadikan kacang-kacangan sebagai bagian dari menu sahur. Sebab, makanan satu ini juga bisa memberikan efek cukup mengenyangkan.

Supaya lebih nikmat, padukan kacang-kacangan dengan susu hangat atau yoghurt. Kombinasi tersebut dapat memberikan energi untuk mencegah tubuh lemas saat puasa.

Itulah beberapa rekomendasi menu sahur sehat yang bisa anda siapkan untuk asupan gizi keluarga selama bulan Ramadhan 2023.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

LIFESTYLE

TERKINI