10 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan, Datangkan Pahala Berlimpah

Kurang beberapa hari lagi umat Islam akan menyambut Ramadhan. Selain puasa, terdapat sejumlah amalan sunnah di bulan Ramadhan yang dianjurkan untuk dikerjakan umat Islam.

Rifan Aditya Suara.Com
Rabu, 15 Maret 2023 | 07:00 WIB
10 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan, Datangkan Pahala Berlimpah
Ilustrasi Berdoa - Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan (Unsplash)

Suara.com - Kurang beberapa hari lagi umat Islam di seluruh dunia akan menyambut kedatangan bulan Ramadhan 2023. Bulan Ramadhan menjadi bulan istimewa di mana seluruh umat muslim yang sudah akil balig diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Selain puasa, terdapat sejumlah amalan sunnah di bulan Ramadhan yang dianjurkan untuk dikerjakan umat Islam. 

Bulan ke-9 di tahun Hijriah ini menjadi bulan yang sangat istimewa di mana amal saleh yang dikerjakan akan dilipatgandakan pahalanya. Tak hanya ibadah wajib, umat Islam juga bisa mengerjakan sejumlah amalan sunnah yang sering dikerjakan Nabi Muhammad SAW ketika bulan Ramadhan. 

Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan 

Berikut beberapa amalan sunnah di Bulan Ramadhan yang sangat dianjurkan dikerjakan oleh umat Islam: 

1. Mengerjakan Sahur 

Selain sebagai pengganjal lapar di siang hari pada bulan Ramadhan, sahur juga termasuk salah satu amalan sunah di bulan Ramadhan. 

Sahurlah, karena dalam sahur itu ada keberkahan.” (HR Bukhari 1923) 

2. Mengahirkan Waktu Sahur 

Umat Islam dianjurkan untuk mengahirkan waktu sahur selama tidak sampai masuk pada waktu yang diragukan. Rasulullah saw bersabda: 

"Umatku senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka,” (HR Ahmad).  

3. Mengajak Teman Makan Sahur dengan Kurma 

Amalan sunnah yang dikerjakan Rasulullah SAW di bulan Ramadhan selanjutnya yaitu sebisa mungkin mengajak teman unyuk makan sahur dan makan dengan buah kurma. Makan sahur dengan kurma merupakan salah satu makanan yang penuh dengan keberkahan. 

Irbadh bin Sariyah berkata, “Aku diajak Rasulullah SAW untuk sahur di bulan Ramadhan. Beliau bersabda, “Mari nikmati makanan penuh berkah ini.” (HR Ahmad) 

4. Menyegerakan Buka Puasa 

Orang yang berpuasa hendaknya untuk segera berbuka puasa begitu waktu maghrib telah tiba. Selain itu, ketika buka lebih dianjurkan untuk memakan makanan yang manis seperti kutma, atau jika tidak ada maka dapat dengan air putih biasa.  

5. Dianjurkan Membaca Doa Buka Puasa 

Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam untuk membaca doa ketika berbuka puasa. Berikut doa buka puasa yang sering dibaca: 

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin. 

Artinya : 

Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang. 

6. Memperbanyak Doa 

Amalan sunnah Rasulullah SAW di bulan Ramadhan berikutnya yaitu memperbanyak berdoa karena doa seseorang yang berpuasa diyakini selalu diijabah oleh Allah SWT. 

Tiga doa yang tidak akan ditolak yaitu doa orang tua, doa orang berpuasa, dan doa musafir.” (HR Baihaqi) 

7. Memperbanyak Sedekah 

Di bulan Ramadhan umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak sedekah, karena manusia pada dasarnya sampai pada ajalnya akan selalu berada dibawah naungan sedekahnya. 

Dari Uqbah bin Amir, dia berkata, “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Setiap orang berada di bawah naungan sedekahnya sampai diputuskan perkara manusia.” 

Yazid berkata, “Abu al-Khair, tak pernah satu hari pun berlalu melainkan dia pasti bersedekah, walaupun hanya sepotong kue atau sebutir bawang dan semisalnya.” (HR Ahmad) 

8. Menjaga Lisan 

Menjaga lisan dari perkataan-perkataan yang tidak bermanfaat dan mendatangkan keburukan terlebih jika dapat menimbulkan dosa adalah salah satu amalan yang baik di bulan Ramadhan. Sebab, jika tidak menjaga lisan maka hal itu bisa saja mengurangi pahala puasa.  

9. Memperbanyak Membaca Al-Qur’an 

Di bulan Ramadhan, paling tidak umat Islam bisa mengkhatamkan satu kali. Semakin banyak khatam Al-Quran maka akan semakin baik. Hal ini sebagaimana dianjurkan oleh banyak ulama.  

10. Konsisten dalam Menjalankan Ibadah 

Umat Islam dianjurkan untuk konsisten dalam menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan. Dan semua amalan sunnah yang dilakukan selama bulan Ramadhan sebaiknya tidak putus setelah Ramadhan selesai.  

Dari Aisyah ra, dia berkata, “Rasulullah SAW apabila mengerjakan sesuatu beliau konsisten (menetapinya). Apabila beliau tertidur di malam hari atau sakit beliau (menggantinya dengan) mengerjakan sholat sunnah dua belas rakaat di siang hari.” (HR Muslim 746) 

Nah itu tadi beberapa amalan sunnah di bulan Ramadhan yang dianjurkan untuk dikerjakan umat Islam. Jangan lupa diamalkan ya!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI