Contoh Khutbah Jumat Bulan Ramadhan 2023

Khutbah Jumat bisa menginspirasi semua orang untuk berada di jalan yang benar. Berikut contoh khutbah Jumat bulan Ramadhan 2023.

Rifan Aditya Suara.Com
Kamis, 16 Maret 2023 | 07:47 WIB
Contoh Khutbah Jumat Bulan Ramadhan 2023
Ilustrasi pemuka agama, ulama, khutbah, ceramah (Pexels) contoh khutbah Jumat bulan Ramadhan 2023

Suara.com - Kamu sedang mencari contoh khutbah Jumat bulan Ramadhan? Mungkin naskah ini cocok untuk dibacakan di depan jamaah saat sholat Jumat di bulan Ramadhan.

Naskah di bawah ini diadaptasi seperlunya dari jatim.nu.or.id dan khutbah.info. Berikut contoh khutbah Jumat bulan Ramadhan 2023.

Bissmillahirohmanirrahim, assaalamu'alaikum wr.wb.
Segala puji bagi Allah. Kita memuji-Nya, kita mencari pertolongan-Nya dan kita meminta pengampunan-Nya. Kita juga mencari perlindungan kepada-Nya dari kejahatan. Siapapun yang dibimbing Allah, tidak ada yang bisa sesat. Dan saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan saya bersaksi bahwa Mohammad adalah budak dan utusan-Nya.

Pada bulan Ramadhan, kita semua memiliki kesempatan untuk bertobat dari kesalahan mereka dan berjanji kepada Allah tidak akan kembali ke jalan yang tidak benar. 

Pada bulan Ramadhan pula kita punya banyak kesempatan untuk meningkatkan iman dan takwa, mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berpuasa Ramadhan adalah salah satu kewajiban yang harus kita laksanakan di bulan Ramadhan dan selain itu, kita lengkapi amal ibadah kita selama bulan puasa dengan melaksanakan shalat tarawih. 

Rasul bersabda, "Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena dilandasi oleh iman dan  niat semata mengharap ridla Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR Al-Bukhari) 

Selain itu, Rasul juga menyampaikan, "Barang siapa yang menghidupkan malam-malam Ramadhan dengan shalat-shalat sunah (dan ibadah-ibadah yang lain) karena dilandasi oleh iman dan niat semata mengharap ridha Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR Al-Bukhari)

Allah juga akan mengampuni segala macam dosa yang pernah kita perbuat jika kita beribadah dengan tulus. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan ibadah di bulan Ramadhan. Tak hanya shalat tarawih dan puasa tapi juga dengan meningkatkan kebaikan dan ketulusan kepada sesama. Misalnya dengan menyantuni yatim piatu dan tak lupa untuk melakukan zakat. 

Hadirin jamaah Jum'at yang berbahagia, demikian khutbah Jum'at kali ini, semoga dapat menjadi inspirasi.

Kita tutup dengan doa, "Ya Allah, bimbinglah kami untuk selalu dekat dengan orang-orang yang telah Engkau bimbing, berikanlah kami kesejahteraan di antara mereka yang telah Engkau berikan kesejahteraan, jadilah sekutu bagi kami bersama dengan orang-orang yang menjadi sekutu-Mu, dan berkatilah apa yang telah Engkau limpahkan kepada kami, dan selamatkanlah kami dari kejahatan dari apa yang telah Engkau tetapkan.  Karena sesungguhnya Engkau ketetapan dan tidak ada yang dapat menetapkan atas-Mu. Dia yang Anda dukung tidak akan pernah bisa dipermalukan. Kemuliaan bagi-Mu, Tuhan kami, Engkau Diberkati dan Ditinggikan."

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Demikian contoh khutbah Jumat bulan Ramadhan 2023 yang bisa anda jadikan acuan dalam ceramah. Semoga Allah memberikan berkah kepada umatNya.

Kontributor : Mutaya Saroh

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Suara.com WhatsApp Channel di ponsel kamu
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI